|

Pemprov Siapkan Dana Tak Terduga Untuk Bantu Perbaikan Rumah Rusak Karena Angin Kencang

Sudaryanto
Kalahar BPBD Jateng
Semarang-Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah Sudaryanto mengatakan pemprov sudah menyediakan dana tak terduga, untuk membantu korban bencana angin kencang, beberapa hari kemarin. Dana tak terduga yang disiapkan itu sebesar Rp1,4 miliar, untuk membantu masyarakat karena rumahnya roboh akibat diterjang angin kencang.

Sudaryanto menjelaskan, bencana angin kencang yang terjadi beberapa hari terakhir ini melanda di delapan kabupaten di Jateng. Dampaknya, 126 rumah mengalami kerusakan cukup berat.

Menurutnya, untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana angin kencang sudah disiapkan bantuan keuangan dari provinsi maupun kabupaten/kota. 

"Kemarin ketika terjadi angin kencang, itu ada di delapan kabupaten. Dari itu semua, ada sekitar tiga ribu rumah yang menjadi korban. Baik rusak berat, roboh, sedang atau ringan. Setelah kami hitung, ada kerugian sekitar Rp5 miliar. Setelah dicermati dari rumah roboh dan rusak berat itu, sekitar Rp1,4 miliar akan dibantu dari biaya tidak terduga provinsi. Kalau yang sedang dan ringan, menjadi tanggung jawab kabupaten/kota," kata Sudaryanto, Kamis (31/10).

Lebih lanjut Sudaryanto menjelaskan, pemprov juga sudah menyiapkan anggaran senilai Rp23 miliar guna mitigasi bencana di musim hujan nanti. Karena, musim hujan diperkirakan terjadi pada November 2019 dan musim hujan diperkirakan antara Januari-Februari 2020 mendatang.

"Kalau pas musim hujan nanti, yang perlu diwaspadai adalah bencana banjir dan tanah longsor," tandasnya. (K-08)

Posted by kilas9.com on Kamis, Oktober 31, 2019. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Pemprov Siapkan Dana Tak Terduga Untuk Bantu Perbaikan Rumah Rusak Karena Angin Kencang"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added