|

PLTSa Putri Cempo Akan Hasilkan Listrik 5 MW

Direktur PT Solo Citra Metro Plasma Power Elan Syuherlan menunjuk
alat yang mengubah sampah menjadi briket dan dikonversi menjadi
energi listrik kepada Gubernur Ganjar Pranowo.
Semarang-Direktur Utama PT Solo Citra Metro Plasma Power sebagai kontraktor proyek PLTSa Putri Cempo, Elan Syuherlan mengatakan pihaknya sudah melakukan uji coba, untuk pengolahan sampah menjadi briket. Briket dari sampah itu, kemudian dikonversi menjadi energi listrik dan mampu menyelesaikan persoalan tentang sampah.

Menurutnya, persoalan sampah yang ada di wilayah Solo Raya akan terpecahkan dengan mengolah sampah menjadi briket. Sampah yang disulap menjadi briket, dikonversi menjadi energi listrik dan disalurkan kepada masyarakat.

Elan menjelaskan, meski masih berupa prototype, namun PLTSa Putri Cempo sudah menunjukkan hasil memuaskan. Rencananya, PLTSa Putri Cempo akan menyelesaikan tumpukan sampah lebih dari 1,6 juta ton. Namun, jangka waktu yang diperlukan cukup lama.

Rencananya, lanjut Elan, di TPA Putri Cempo akan dibangun PLTSa yang lebih besar dengan kapasitas 5 MW dan dijadwalkan groundbreaking pada 23 Oktober 2019.

"Kalau yang uji coba ini kan kecil. Kita hanya menguji coba bahwa sampah yang diubah jadi briket dan dikonversi menjadi listrik, bisa berjalan sesuai dengan desain. Ini tidak bisa sampai menghabiskan sampah. Kalau yang baru, kita mengolah 450 ton sampah per hari, nanti kapasitas 5 MW per jam, dan menurut perhitungan kita sampah ini kalau yang existing kita manfaatkan banyak. Belasan tahun baru habis," kata Elan, kemarin.

Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, persoalan sampah yang ada di provinsi ini optimistis bisa teratasi. Terutama, makin banyak TPA yang menyulap sampah menjadi briket dan digunakan sebagai energi listrik.

"Setidaknya sudah ada tiga lokasi pengolahan sampah di Jateng, yang menyulap sampah menjadi energi listrik. Satu di Semarang menjadi gas metan, Cilacap dan Solo briket jadi energi listrik. Tiga contoh ini bukti, bahwa Jateng siap mengatasi problem sampah dan menuju waste to energy," ucap Ganjar. (K-08)

Posted by kilas9.com on Jumat, Oktober 11, 2019. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "PLTSa Putri Cempo Akan Hasilkan Listrik 5 MW"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added