|

Sosialisasi Gemar Makan Ikan, KKP Sebut Ikan Lebih Murah Dari Daging Sapi

Petugas BKIPM Semarang melakukan sertifikasi ikan yang
akan dipasarkan.
Semarang-Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Badan Riset dan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan Bambang Suprakto mengatakan pada 2017 kemarin, potensi ikan dalam negeri mencapai 12,54 juta ton naik dari sebelumnya hanya 9,93 juta ton ikan pada 2015.

Bahkan, jelas Bambang, konsumsi ikan masyarakat Indonesia pada 2014 kurang dari 25 kilogram per orang per tahun. Namun, pada 2018 sudah naik menjadi 48,7 kilogram per orang per tahun, dan hingga akhir 2019 ditargetkan menjadi 50 kilogram per orang per tahun.

Berdasarkan fakta itu, lanjut Bambang,
Kementerian Kelautan dan Perikanan terus mengampanyekan gerakan gemar makan ikan kepada masyarakat dengan tujuan untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Karena, potensi ikan di dalam negeri cukup besar dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Gerakan makan ikan ini menjadi program nasional. Program nasional ini diinisiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi maupun kabupaten/kota. Gerakan makan ikan ini kita sosialisasikan, mulai dari anak-anak TK sampai SMP. Gerakan makan ikan ini gratis, dananya dari KKP. Kita kasih tahu sama anak-anak bahwa ikan itu sehat, punya protein tinggi dan rendah lemak," kata Bambang di Semarang belum lama ini.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, Kementerian Kelautan dan Perikanan mengajak semua elemen masyarakat untuk meningkatkan konsumsi makan ikan. Karena, dengan kampanye yang masif untuk mengonsumsi makan ikan juga bisa mengurangi ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap konsumsi daging.

"Indonesia merupakan negara kepulauan terluas di dunia dengan 70 persen wilayahnya adalah laut, tapi Indonesia masuk rangking lima di kawasan Asia Tenggara dalam hal konsumsi makan ikan. Oleh karena itu, diperlukan upaya sosialisasi dan dorongan yang lebih masif kepada masyarakat untuk gemar makan ikan," pungkasnya. (K-08)

Posted by kilas9.com on Minggu, Oktober 06, 2019. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Sosialisasi Gemar Makan Ikan, KKP Sebut Ikan Lebih Murah Dari Daging Sapi"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added