|

Ganjar: Masyarakat Sementara Jangan Terlalu Dekat Dengan Merapi Dalam Radius 3 Km

Gubernur Ganjar Pranowo berdialog dengan sejumlah warga di Desa
Sumber, Kecatan Dukun, Kabupaten Magelang soal Gunung Merapi.
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mewanti kepada masyarakat yang permukimannya dekat dengan Gunung Merapi, agar berhati-hati dan menjaga jarak dalam radius tiga kilometer. Hal itu berdasarkan letusan Gunung Merapi pada Minggu 17 November kemarin, dan mengeluarkan abu vulkanik.

Ganjar menjelaskan, meskipun tidak perlu diingatkan warga sudah paham untuk tidak terlalu dekat dengan Gunung Merapi. Terutama untuk masyarakat di Desa Sumber di Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Menurutnya, para perangkat desa dan relawan juga telat diminta mengkondisikan warganya untuk selalu siap siaga dengan kondisi Gunung Merapi.

"Masyarakat diminta jangan masuk radius tiga kilometer, harus di luar radius itu. Maka kita minta perangkat, pemerintah dan relawan semuanya untuk bareng-bareng mengedukasi masyarakat. Saya terima kasih, di sini ada sister village. Sehingga, kalau terjadi sesuatu mereka sudah terlatih dengan pengumuman lewat masjid-masjid. Saya kira, itu cara yang paling efektif untuk membuat desa ini tangguh bencana. Insya Allah, semuanya siap," kata Ganjar belum lama ini.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, sebenarnya untuk masyarakat Desa Sumber sudah cukup paham dengan karakter Gunung Merapi. Bahkan, warga juga telah beberapa kali melakukan pelatihan kebencanaan.

"Tadi warga kita tanya, katanya yang letusan kemarin itu cuma kecil. Itu kondisi sosiologis yang membuat kita tenang, karena kita tahu ke mana mereka harus menyelamatkan diri jika terjadi letusan yang besar," pungkasnya. (K-08)

Posted by kilas9.com on Senin, November 25, 2019. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Ganjar: Masyarakat Sementara Jangan Terlalu Dekat Dengan Merapi Dalam Radius 3 Km"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added