Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Hari Pahlawan, Momentum Bagi Generasi Muda Belajar Nilai Patriotisme

Asisten Pemerintahan Setda Jateng Sarwa Pramana (dua dari kiri) ber
diskusi dengan Ketua Markas Daerah LVRI Jateng Amin Munadjat (dua
dari kanan) mengenai Hari Pahlawan di Studio Mini, kemarin.
Semarang-Memeringati Hari Pahlawan, Pemprov Jawa Tengah mengajak pelajar mengenal sosok para pejuang kemerdekaan. Hal ini dimaksudkan, untuk bisa mengenal dan menyerap nilai-nilai patriotisme dari para veteran yang tergabung di Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Asisten Pemerintahan Setda Jateng Sarwa Pramana mengatakan momentum di Hari Pahlawan ini bisa dimanfaatkan generasi muda, untuk menimba ilmu dari para veteran pejuang kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya jiwa patriotismenya saja, tetapi juga sikap-sikap teladan lainnya yang bisa dijadikan teladan.

Menurutnya, lewat sosok para veteran kemerdekaan ini para generasi muda juga bisa belajar mengenai pendidikan karakter yang terjadi di zaman kemerdekaan.

"Dari veteran Jawa Tengah kan sudah ada wadahnya, sehingga Pemprov Jateng ini pasti selalu adalah bantuan-bantuan ke sana melalui hibah. Karena mereka punya organisasi veteran di Jawa Tengah. Kalau dalam rangka Hari Pahlawan, kita juga sudah ada program-program yang sudah kita lakukan. Melalui Dinas Sosial, bantuan-bantuan yang kita berikan itu disalurkan ke panti dan santunan langsung ke veteran yang sudah lansia," kata Sarwa, Jumat (8/11).

Ketua Markas Daerah LVRI Jateng Kol (Purn) Amin Munadjat menambahkan, selama ini pihaknya menaungi sekira tujuh ribuan veteran yang tersebar di 35 kabupaten/kota. Termasuk, delapan ribuan janda veteran.

Menurutnya, di Hari Pahlawan ini para veteran di Jateng juga ingin berperan dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda. Salah satunya, menceritakan kembali sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang dialami para pejuang secara langsung.

"Untuk pemprov, saya kira cukup baik ya. Kita mendapat bantuan dari pemprov, untuk operasional kegiatan kita. Saya kira itu dana hibah. Kemarin itu kita dapat Rp125 juta untuk satu tahun anggaran, dan kita gunakan untuk banyak hal. Kita punya program namanya sosialisasi jiwa semangat juang nilai-nilai 45, yang kita berikan kepada generasi muda. Dari SD-SMP-SMA sampai perguruan tinggi, mewariskan nilai-nilai juang 45 kepada generasi muda," ujar Munadjat.

Dirinya berharap, generasi muda sekarang ini bisa meneruskan perjuangan para pahlawan yang gugur untuk memajukan bangsa Indonesia. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar