Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Jujur Adalah Inti Dari Pendidikan Karakter

Semarang-Membentuk anak menjadi pribadi yang baik, bisa dilakukan dengan pemberian pendidikan karakter. Pendidikan karakter di sekolah, bisa diteladankan melalui perilaku guru sebagai tenaga pendidik.

Salah satu tokoh masyarakat, Amin Munadjat mengatakan jika nilai-nilai kejujuran wajib ditanamkan kepada para generasi muda. Nilai-nilai kejujuran menjadi kunci dari pendidikan karakter, yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Munadjat menjelaskan, pendidikan karakter muaranya adalah membentuk manusia Indonesia yang bermoral dan berjiwa patriot. Sehingga, di masa mendatang ketika generasi muda sekarang menjadi pemimpin bangsa memiliki pondasi karakter yang baik. Yakni, pemimpin yang berakhlak mulia dan penuh kejujuran serta bertanggung jawab. 

"Kejujuran itu menjadi sangat substantif sebenarnya dalam kehidupan ini, karena dari sanalah akan terbangun sebuah kepercayaan bagi generasi muda dan bagi masyarakat kita. Saya kira, itu yang bisa dibangkitkan oleh kita semua dan bagi generasi muda. Kejujuran adalah kunci dari semuanya," kata Munadjat, Jumat (8/11).

Salah satu siswi SMA Karangturi Semarang, Jacklyn Jennifer saat ditemui di sela latihan upacara Hari Pahlawan di halaman kantor gubernuran menyatakan, jika pendidikan karakter memang sangat penting bagi generasi muda.

"Pendidikan karakter itu penting, sih. Terutama buat kalau kita sehari-hari. Pendidikan karakter itu menghormati orang-orang yang lebih tua. Kalau di sekolah ya kayak tata cara ngomong sama orang, sopan santun. Di sekolah ada pendidikan karakter, di pelajaran BK," ujar Jacklyn.

Menurutnya, para pelajar generasi muda harus memahami dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar