Sabtu, 21 Desember 2019

Bawaslu Jateng Targetkan Akhir Desember Panwascam Sudah Bisa Dilantik

Calon anggota panwascam mengikuti seleksi CAT sebagai syarat men
jadi anggota panwascam untuk Pilkada Serentak 2020.
Semarang-Bawaslu di 21 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020 sudah membuka pendaftaran seleksi panwascam. Tugas dari panwascam, untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang.

Komisioner Bawaslu Jawa Tengah Rofiuddin mengatakan pendaftaran panwascam itu, sudah dibuka pada 27 November hingga 3 Desember 2019 kemarin. Tercatat, ada 4.735 pendaftar di 343 kecamatan yang tersebar di 21 kabupaten/kota.

Rofi menjelaskan, sesuai dengan ketentuan yang ada setiap kecamatan minimal ada enam pendaftar memenuhi kelengkapan administrasi. Jika pendaftar kurang dari enam orang, maka kecamatan yang bersangkutan harus memperpanjang masa pendaftaran.

Menurutnya, setelah para calon pendaftar mengikuti rangkaian seleksi dan dinyatakan lolos maka akan segera dilakukan pelantikan di akhir Desember 2019.

"Kalau panwascam, saat ini dari Bawaslu RI sudah membuat pedoman pembentukan panwascam. Nanti, harapannya akhir Desember panwascam sudah bisa dilantik untuk menjadi pengawas Pilkada 2020," kata Rofi, kemarin.

Lebih lanjut Rofi menjelaskan, pengawasan Pilkada Serentak 2020 mendatang juga membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat. Karena, peran warga di dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi juga sangat penting.

"Mari masyarakat ikut menjadi pengawas partisipatif. Sikap aktif bisa dilakukan, dengan melakukan pengawasan dan melapor jika menemukan ada pelanggaran atau kecurangan," tandasnya. (K-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar