Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dukung Wisata Jateng, Menhub Resmikan KA Bandara Adi Soemarmo

Menhub Budi Karya (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ber-
bincang sambil menikmati perjalanan menggunakan KA bandara.
Solo-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo, Minggu (29/12) kemarin. Peluncuran KA Bandara dilakukan dengan sangat sederhana dan tidak ada acara seremonial.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan KA Bandara Adi Soemarmo merupakan satu-satunya kereta api, yang masuk ke bandara. Yakni dari Stasiun Solo Balapan, kereta api akan membawa penumpang masuk ke areal terminal bandara.

Budi menjelaskan, KA bandara tidak hanya sekadar alat transportasi masal perkotaan tapi juga untuk mendukung pariwisata di Jateng. Dengan akses moda transportasi yang semakin mudah, diharapkan para wisatawan akan lebih nyaman saat berkunjung ke provinsi ini.

Menurutnya, waktu tempuh dari Stasiun Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo hanya 19 menit saja.

"Meski di Medan, Jakarta, Palembang dan Padang ada KA bandara, tapi KA Bandara Adi Soemarmo ini langsung masuk ke bandara. Jadi, masyarakat bisa lebih mudah untuk berpindah transportasi. Jadi bukan hanya untuk angkutan masal perkotaan, tapi KA bandara juga bisa mendukung pariwisata," kata Menhub.

Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, keberadaan KA bandara bisa mengurangi kemacetan di jalan. Selain itu, bisa memercepat masyarakat yang hendak ke bandara atau dari bandara menuju ke kota.

"Mudah-mudahan bermanfaat. Semoga ini, juga bisa mendukung perkembangan pariwisata di Jawa Tengah. Jadi, para turis yang turun dari pesawat bisa langsung naik kereta menuju kota. Kalau sewaktu-waktu ingin melanjutkan ke Prambanan atau Borobudur, itu gampang karena sudah terhubung," ujar Ganjar.

Diketahui, KA Bandara Adi Soemarmo akan melayani 60 perjalanan pulang pergi dari bandara menuju Stasiun Balapan. Satu rangkaian KA Bandara terdiri dari empat rangkaian kereta, dengan kapasitas angkut sebanyak 393 penumpang.

KA bandara dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan penumpang, di antaranya ruangan dengan pendingin udara, layar TV LED untuk hiburan dan informasi posisi kereta. 

Selama dua bulan sejak diresmikan, yakni Januari-Februari 2020, KA bandara gratis digunakan penumpang. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar