Sabtu, 28 Desember 2019

Kunjungan Wisatawan Domestik ke Jateng Lampaui Target

Sinoeng Rachmadi
Kadisporapar Jateng
Semarang-Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah pada 2019 ini sudah memasang target, untuk kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. 
Kepala Disporapar Jateng Sinoeng Rachmadi mengatakan sepanjang 2019 ini, pihaknya sudah berupaya maksimal di dalam menggaet wisatawan nusantara maupun asing untuk berkunjung ke provinsi ini. Di antaranya, dengan memerbanyak event atau agenda wisata yang berskala nasional hingga internasional.

Sinoeng menjelaskan, sepanjang 2019 ini pihaknya cukup bersyukur karena jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Jateng cukup banyak dan bisa melampaui target. Dengan dukungan destinasi wisata unggulan yang dimiliki Jateng, mampu menyedot wisatawan dalam negeri datang berkunjung.

"Kami sampai dengan data per 1 Desember itu, untuk wisatawan nusantara sudah terlampaui. Dari target 46,6 juta wisatawan, sudah mencapai 49,5 juta wisatawan. Padahal, kita masih ada libur Nataru. Sehingga, nanti bisa kita catat sampai dengan pertengahan Januari 2020 untuk seluruh pencapaiannya," kata Sinoeng, kemarin.

Lebih lanjut Sinoeng menjelaskan, kesuksesan dalam menggaet wisatawan domestik tidak bisa diikuti dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara. Karena, data terakhir per 1 Desember 2019 menyebutkan jika wisatawan asing yang datang ke Jateng hanya 623 ribu orang saja. Jumlah itu masih jauh dari target yang ditetapkan Disporapar Jateng, yakni sebanyak 850 ribu wisatawan asing.

"Ini akan menjadi bahan koreksi, terkait dengan promosi dan penyelenggaraan event. Maping promosi harus diubah dan diarahkan ke negara yang masih rendah kunjungan wisatawannya, misal wisatawan yang dari Timur Tengah. Kalau dibanding Eropa dan Asia, wisatawan asal Timur Tengah masih sedikit," jelasnya.

Pada tahun depan, lanjut Sinoeng, pihaknya akan mencoba berkolaborasi dengan seniman mancanegara yang sudah punya nama di dalam menyelenggarakan event bertaraf internasional. Diharapkan, dengan menggandeng artis dari luar negeri akan menjadi magnet terhadap kunjungan wisatawan mancanegara ke Jateng. (K-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar