Rabu, 18 Desember 2019

Pastikan Natal Aman, Panglima TNI dan Kapolri Cek Pengamanan Gereja di Semarang

Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahtjanto didampingi Kapolri Jenderal
Idham Aziz memberi pengarahan kepada anggota yang bertugas di
Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci, Rabu (18/12).
Semarang-Dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Nasrani melaksanakan ibadah Natal, Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahtjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz melakukan pengecekan pengamanan di Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Semarang, Rabu (18/12). 

Saat melakukan peninjauan ke Katedral, panglima dan kapolri sempat berdialog dengan sejumlah personel TNI/Polri yang bertugas melakukan penjagaan. Tinjauan singkat kurang dari satu jam itu, panglima dan kapolri berpesan untuk memberikan rasa aman kepada umat Nasrani saat menjalankan ibadah Natal.

Kabag Ops Polrestabes Semarang AKBP Iga Nugraha mengatakan untuk pengamanan Natal 2019 ini, pihaknya menempatkan personel-personel gabungan dari TNI/Polri serta instansi samping dan Banser serta Pramuka. Para personel itu disebar, di sejumlah titik yang menjadi fokus pengamanan ibadah umat Nasrani.

Untuk pengamanan ibadah Natal, jelas Iga, pihaknya memberi perhatian dengan menempatan personel lebih banyak di tiga gereja besar di Kota Semarang. Yakni di Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci, Gereja Marina dan Gereja Karang Panas.

Menurutnya, seluruh personel juga telah siap untuk pengamanan di tempat-tempat ibadah umat Nasrani.

"Setiap gereja sudah kita cek, melalui kapolsek-kapolsek masing-masing. Seluruh gereja sudah kita cek, semuanya sudah memiliki cctv. Sehingga, memudahkan kita untuk melakukan pengamatan. Patroli mobile juga sudah dilakukan sejak dari seminggu ini, dilaksanakan Operasi Cipta Kondisi. Sehingga, nanti saat pengerahan personel pengamanan di tanggal 23 Desember-1 Januari Operasi Lilin dimulai. Diharapkan, kondisi sudah relatif kondusif," kata Iga.

Lebih lanjut Iga menjelaskan, khusus untuk Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci disiapkan 980 personel gabungan. Terdiri dari unsur TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Banser dan Pramuka. Sedangkan untuk pengamanan Tahun Baru, juga telah disiapkan personel untuk pengamanan di titik konsentrasi masyarakat.

"Kita sudah tempatkan personel di lokasi obyek wisata, misalnya wisata air di Waduk Jatibarang. Jadi, sudah ada personel yang siaga di lokasi-lokasi keramaian masyarakat," pungkasnya. (K-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar