Rabu, 01 Mei 2019

Jasa Marga Berbenah Siap Layani Pemudik di Lebaran ini

Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan pekerjaan jalan di tol Trans
Jawa.
Semarang-Pada tahun ini, jalan tol Trans Jawa yang diresmikan Presiden Joko Widodo 20 Desember 2018 kemarin siap untuk dilalui pemudik secara penuh. Yakni mulai dari Merak hingga Pasuruan (Grati), atau sepanjang 944 kilometer.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan menjelang Lebaran tahun ini, pihaknya terus melakukan pembenahan terhadap infrastruktur jalan tol Trans Jawa. Sehingga, para pemudik yang melintas bisa merasa nyaman dan aman.

Menurutnya, sampa dengan saat ini pihaknya sudah mengantisipasi beberapa permasalahan kepadatan lalu lintas yang melintas di jalan tol Trans Jawa. Yakni, dengan strategi operasi transaksi, pengaturan lalu lintas, pelayanan konstruksi dan pengelolaan rest area.

Irra menjelaskan, peningkatan kapasitas transaksi juga dilakukan dengan penambahan gardu operasi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Kalikangkung, Banyumanik, Waru Gunung dan Kejapanan Utama. Sebab, gerbang tol itu diprediksi akan terjadi kepadatan kendaraan yang melintas.

"Kami tidak bisa membandingkan lalu lintas tahun kemarin dengan prediksi tahun ini, karena tahun kemarin jalan tol Trans Jawa belum beroperasi sepenuhnya. Tapi, kalau terjadi kepadatan di gerbang tol, kami sudah siapkan mobile reader dan penempatan petugas tapping e-toll," kata Irra baru-baru ini.

Lebih lanjut Irra menjelaskan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan kepolisian terkait pendistribusian volume lalu lintas di jalan tol Trans Jawa. Terutama, ketika H-5 dan H+3 Lebaran.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, terkait adanya pekerjaan jalan yang bisa mengganggu kenyamanan pemudik. Sehingga, sebelum masuk masa mudik bisa menghentikan pekerjaan proyeknya," jelasnya.

Irra menyatakan, guna mencegah dan mengantisipasi kecelakaan lalu lintas di jalan tol Trans Jawa, pihaknya juga telah memetakan lokasi rawan kecelakaan. Salah satunya, dengan pemenuhan sarana keselamatan jalan tol dan optimalisasi smart cctv.

"Penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan dan kerawanan lalu lintas, jadi salah satu alternatif pencegahannya di samping penambahan cctv. Kami juga mengimbau kepada pemudik untuk istirahat di rest area yang telah tersedia, jika rasa lelah selama perjalanan sudah mulai dirasakan. Usahakan minimal empat jam sekali beristirahat," pungkasnya. (K-08)

Hino Kuasai Pasar Bus dan Truk di Indonesia

Hino Dutro, salah satu produk light duty truck yang menguasai pasar di
Tanah Air.
Semarang-Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) berdasarkan data penjualan ritel Maret 2019 dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menguasai pasar truk dan bus di Tanah Air. Total penjualan produk truk dan bus Hino, mencapai 3.038 unit.

Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo mengatakan penjualan Hino ditopang penjualan medium duty truck, yang berhasil terjual sebanyak 1.964 unit atau sebesar 63 persen dari pangsa pasar truk kelas medium. Sebagai produk andalannya adalah Hino New Generation Ranger FM 260 JD, menjadi tipe terlaris.

Sedang untuk Hino New Dutro pada segmen light duty truck, jelas Santiko, juga berhasil menorehkan penjualan yang baik. Total penjualannya mencapai 1.055 unit, dan sisa penjualan lainnya didorong dari kontribusi segmen heavy duty truck. 

"Terima kasih atas kepercayaan para konsumen Hino. Pada bulan Maret 2019, kami berhasil menjadi nomor satu di Indonesia, dan hal ini bukti nyata masyarakat Indonesia, khususnya pengusaha makin percaya dengan merk Hino", kata Santiko dikutip dari rilis.

Menurut Santiko, Hino selalu mengutamakan layanan total support kepada pelanggan setianya. Dengan prinsip meminimalkan biaya servis kendaraan dan memaksimalkan waktu operasi kendaraan, sehingga waktu bekerja kendaraan menjadi optimal.

Sementara itu, untuk mengembangkan sayap bisnisnya, HMSI membuka diler baru di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. 

Presiden Direktur HMSI Hiroo Kayanoki menyatakan, Pangkalan Bun memiliki potensi pasar yang cukup potensial.

Menurutnya, penjualan Hino untuk areal Kalimantan Tengah juga dirasa sangat. Sebab,  Hino New Generation Ranger berhasil meraih market share sebesar 61,5 persen pada periode 2018 dan menjadi market leader di kelas medium duty truck.

"Untuk segment light duty truck, Hino New Dutro juga meraih hasil yang baik dengan menduduki market share 25,8 persen. Dengan pembukaan diler di Pangkalan Bun ini, kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen untuk mendapatkan layanan secara menyeluruh mulai dari penjualan, perawatan dan suku cadang," ujar Hiroo. (K-08)

Nasmoco Beri Layanan Servis ke Pelanggan Sebelum Lebaran

Sejumlah mekanik di diler Nasmoco Group sedang melakukan penge-
cekan dan perbaikan mobil milik pelanggan.
Semarang-Memasuki bulan puasa tahun ini dan menyambut Lebaran nanti, Nasmoco Group sejak 15 April hingga 11 Mei 2019 menghadirkan layanan servis Pre Holiday Campaign. Program tersebut bisa dinikmati para pelanggan pengguna mobil Toyota, di 23 cabang resmi milik Nasmoco Group di wilayah Jateng-DIY.

Aftersales Department Head Nasmoco Group Faizol Ghozi mengatakan menyambut Ramadan dan Lebaran tahun ini, pihaknya kembali menggelar program spesial Pre Holiday Campaign di seluruh diler Nasmoco di wilayah Jateng-DIY. Program ini merupakan salah satu bentuk komitmen Nasmoco, untuk memberikan Beyond Service kepada pelanggan setia Toyota.

"Kami juga mengajak pelanggan Nasmoco, untuk melakukan servis sejak awal dengan memersiapkan mobilnya yang akan digunakan perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman," kata Faizol dikutip dari rilis.

Menurut Faizol, Pre Holiday Campaign memberikan beragam diskon dan promo servis berkala bagi pelanggan yang melakukan booking service terlebih dahulu.

Faisol menjelaskan, Nasmoco memberikan diskon sebesar 25 persen untuk biaya jasa servis bagi kendaraan di atas lima tahun atau 100 ribu kilometer. Atau, diskon sebesar 20 persen untuk biaya jasa servis bagi kendaraan di bawah lima tahun atau sama dengan 100 ribu kilometer.

"Diskon juga diberikan untuk pembelian TMO full synthetic sebesar 20 persen, dan TMO synthetic sebesar 10 persen serta beberapa komponen dengan diskon mulai dari lima persen untuk brake fluid, injector cleaner, Manual Transmission Fluid (MTF) dan Toyota Genuine Gear Oil (TGGO)," jelasnya.

Lebih lanjut Faizol menjelaskan, Nasmoco berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan yang melakukan servis kendaraan saat Ramadan dan persiapan mudik Lebaran. Sedangkan menjelang Lebaran, Nasmoco akan menggelar program Holiday Campaign dengan membuka posko dan bengkel siaga 24 jam di sejumlah titik jalur mudik di wilayah Jateng-DIY. (K-08)