Minggu, 14 Juli 2019

Dukung Infrastruktur di Jateng, Saint Gobain Resmikan Pabrik Semen Instan di Semarang

CEO Asia Pasific Region Javier Gimeno (kiri) memberi penjelasan ke
sejumlah tamu undangan, termasuk kepada Kepala Dinperindag Jawa
Trngah Arief Sambodo.
Semarang-CEO Asia Pasific Region Javier Gimeno mengatakan pihaknya mempunyai komitmen ikut mendukung pembangunan Jawa Tengah yang berkelanjutan, demi pencapaian pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. Sehingga, pihaknya cukup serius di dalam berinvestasi di provinsi ini.

Menurutnya, ada tiga hal penting yang membuat Indonesia adalah pasar produk konstruksi terbesar di kawasan Asia. Yakni populasi atau jumlah penduduknya cukup besar, tingkat urbanisasi penduduknya terus meningkat setiap tahun dan di Indonesia cukup besar dalam pembangunan yang berkelanjutan.

"Di kawasan Asia kita memiliki strategi untuk tumbuh, dan menjadi pemain utama di bidang produk konstruksi. Dan Indonesia, adalah salah satu negara yang penting dan memiliki potensi besar serta pasar yang besar bagi Saint Gobaint," kata Javier di sela pembukaan pabrik semen instan PT Cipta Mortar Utama anak usaha dari Saint Gobain di Kawasan Industri Wijayakusuma Semarang, Jumat (12/7).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng Arief Sambodo menyatakan, dengan banyaknya investor asing masuk ke provinsi ini akan memercepat pencapaian pertumbuhan ekonomi di dalam negeri.

"Tentunya dengan Cipta Mortal Utama masuk ke sini, menjadi semacam triger buat kita dalam kaitannya investasi. Tentunya, ini menjadi awal yang baik kalau kita ingin mendukung pertumbuhan yang lebih baik," ujar Arief.

Bahkan, jelas Arief, pemerintah akan memberikan insentif bagi investor yang masuk apabila serapan tenaga kerjanya dari warga setempat cukup banyak. (K-08)

Dinkes Solo Sudah Beri Vaksin Meningitis ke Calon Haji Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Jamaah calon haji sedang melaksanakan kegiatan latihan manasik di
kawasan Gunungpati, Semarang.
Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan terkait dengan penyakit meningitis, pihaknya mengaku sudah memberikan vaksin kepada jamaah calon haji asal Solo. Sehingga, sebelum berangkat menjalankan ibadah haji diharapkan masa inkubasi dari vaksin meningitis itu sudah tercapai dan jamaah terlindungi. 

"Kalau untuk vaksin meningitis saya kira sudah, ya. Kami memberi perhatian penuh soal itu. Tapi Alhamdulillah, mulai tahun ini jamaah haji Indonesia kan ada zonanya sendiri. Jadi, masing-masing sudah dipisahkan," kata Wahyu saat di Semarang.

Namun demikian, jelas Wahyu, para jamaah calon haji tetap diminta menjaga kondisi tubuh dan kesehatan selama di Tanah Suci. Sebab, kondisi alam di Arab Saudi berbeda dengan di Tanah Air yang cenderung bercuaca panas dan udaranya kering.

"Imbauan kami, para jamaah haji selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Selalu berperilaku bersih, baik sebelum atau sesudah makan untuk menghindari timbulnya penyakit," jelasnya.

Menurutnya, yang terpenting selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci diharapkan para jamaah calon haji bisa menerapkan pola hidup sehat dan memerbanyak minum air putih serta istirahat yang cukup. 

"Kuncinya adalah PHBS, perilaku hidup bersih dan sehat. Kuncinya itu. Karena, infeksi apapun kalau budaya kita bersih dan sehat Insya Allah penyakit itu seperti perang. Kalau penyakitnya lebih dominan dari daya tahan tubuh, ya penyakit yang menang. Tapi kalau daya tahan tubuh baik, maka penyakit ini tidak muncul. Jadi, untuk jamaah asal Solo sudah dinyatakan sehat dan bisa berangkat," pungkasnya. (K-08)

Operator Seluler Tanah Air Beri Kemudahan Bagi Jamaah Haji di Tanah Suci

Semarang-PT Smartfren Telecom memberikan layanan kepada para pelanggannya yang menjalankan ibadah haji, dengan program kuota internet unlimited selama 14 hari selama di Tanah Suci. Yaitu melalui Smartday Pass Arab Saudi, bekerja sama dengan operator Saudi Arabia, Zain Saudi. Sehingga, para jamaah calon haji tetap nyaman dalam berkomunikasi dengan keluarganya di Tanah Air.

Dept Head of International Roaming Smartfren Aya Sofia mengatakan Smartday Pass Arab Saudi bisa diperoleh pelanggan, cukup dengan mengaktifkan layanan internasional roaming melalui aplikasi MySmartfren. Atau, pelanggan bisa datang ke galeri Smartfren terdekat sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Menurutnya, para pelanggan Smartfren di dalam berhubungan dengan keluarganya di Tanah Air lebih banyak menggunakan layanan data. 

"Kami memahami, bahwa jamaah haji ini juga ingin mengetahui kondisi keluarganya di Tanah Air yang ditinggalkan. Sehingga, kebutuhan layanan telekomunikasi juga perlu diperhatikan," kata Aya dikutip dari rilis.

Hal yang sama juga dilakukan XL Axiata dengan menggandeng semua operator di Arab Saudi, untuk memberi kemudahan layanan komunikasi bagi pelanggannya.

Chief Marketing Officer XL Axiata, David Arcelus Oses menyatakan, pihaknya juga telah menyiapkan paket khusus bagi jamaah haji di Tanah Suci. Paket telekomunikasi yang diberikan kepada pelanggan itu mendapat dukungan jaringan 4G, dari seluruh operator di Arab Saudi.

David menjelaskan, operator telekomunikasi di Arab Saudi yang diajak kerja sama adalah operator Mobily, Saudi Telecom (STC) dan Zain. Nantinya, pelanggan tinggal memilih operator di Tanah Suci untuk mendapatkan layanan roaming.

"XL sangat memerhatikan kualitas layanan, terutama bagi jamaah haji Indonesia di Arab Saudi. Karena layanan ini berada di luar negeri, maka XL menjalin kerja sama dengan sejumlah operator telekomunikasi di Arab Saudi," ucap David.

Pihaknya, jelas David, berkomitmen kuat untuk menyelenggarakan layanan ini bagi jamaah haji. Sehingga, jamaah haji tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga selama di Tanah Suci. (K-08)