Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

KKP Semarang Siapkan Ruang Khusus Untuk Pemeriksaan Fisik Penumpang Dengan Suhu Tubuh di Atas Normal

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Semarang mengamati para pe-
numpang yang baru turun dari pesawat di Bandara Internasional Jend
Ahmad Yani, Kamis (23/1).
Semarang-Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang dokter Ariyanti mengatakan pihaknya menyiapkan ruangan khusus, untuk memeriksa fisik dari penumpang pesawat yang terindikasi terinfeksi Virus Corona. Ruangan khusus pemeriksaan fisik itu, disiapkan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang berdekatan dengan kedatangan internasional.

Ariyanti menjelaskan, apabila suhu tubuh penumpang yang turun dari pesawat usai melakukan penerbangan luar negeri di atas 38 derajat Celcius, maka pihaknya akan melakukan pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan lanjutan, dilakukan di ruangan khusus yang memang diperuntukkan bagi pemeriksaan kesehatan setiap penumpang atau kru pesawat. 

Menurutnya, di ruangan khusus itu tersedia tempat tidur perawatan dan dilengkapi obat-obatan penunjang. Namun, jika membutuhkan perawatan intensif akan dirujuk ke rumah sakit terdekat.

"Kita juga akan mengawasi penumpang secara fisik, yang memang kelihatan sakit. Kita akan periksa, dan akan kita lakukan pengobatan ataupun observasi. Dan bisa juga kita rujuk ke rumah sakit, kalau memang ada indikasi atau suspect penyakit menular. Jadi, kami Kementerian Kesehatan bertanggung jawab untuk memberikan promotif kepada masyarakat untuk menjaga tidak tertular dari penyakit menular," kata Ariyanti, Kamis (23/1).

Ariyanti lebih lanjut menjelaskan, bagi masyarakat yang memang kurang enak badan disarankan tidak perlu melakukan perjalanan jauh ke luar negeri. Disarankan untuk selalu memeriksakan kondisi fisik, sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.
 
"Selalu memakai masker setiap melakukan aktivitas di luar ruangan, sebab penyakit ini disebarkan karena virus yang ditularkan lewat udara. Kami mengimbau juga, masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar