Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Trafik XL di Jateng-DIY Naik 108 Persen Selama Libur Panjang

Petugas melakukan pengecekan terhadap kekuatan jaringan di BTS
milik XL Axiata.
Semarang-Selama masa libur panjang akhir tahun yang dimulai sejak 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020, mencatatkan trafik XL Axiata mengalami kenaikan hingga 108 persen dibanding hari biasa. Bahkan, di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta selama masa libur panjang juga hampir tidak persoalan yang berarti dan mengganggu layanan para pelanggan.

Group Head Central Region XL Axiata Sofia Purbayanti mengatakan pada saat yang sama, trafik data khusus di Jateng-DIY mengalami peningkatan mencapai sekira 39 persen bila dibandingkan trafik di hari normal. Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi, bila dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun sebelumnya. 

Menurutnya, layanan data gem menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya dan diikuti web browsing serta streaming.

Sofia menjelaskan, kenaikan trafik data juga terlihat di sepanjang ruas jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan kota-kota besar di Jateng. Mulai dari Brebes hingga Semarang, Solo dan Sragen. Kenaikannya rerata sekira 53 persen. 

"Selain menjadi tujuan wisata selama libur Natal dan Tahun Baru, Jawa Tengah juga menjadi jalur perlintasan bagi masyarakat yang hendak menuju Jawa Timur. Sesuai dengan perkiraan sebelum libur panjang, beberapa areal yang mengalami kenaikan trafik data adalah beberapa kota besar. Antara lain Semarang, Tegal, Solo, Purwokerto dan Yogyakarta yang naik antara 12 persen hingga 35 persen. Hampir semua areal di Jateng-DIY sebenarnya meningkat, ini tidak terlepas banyaknya destinasi wisata dan semakin mudahnya menjangkau kedua provinsi ini setelah adanya Tol Trans Jawa," kata Sofia, Sabtu (4/1).

Lebih lanjut Sofia menjelaskan, hal yang paling utama selama masa liburan adalah performa jaringan cukup baik dan lancar. Sehingga, tidak ada gangguan yang berarti.

"Jika jaringan aman, maka dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik. Semua ini hasil dari upaya XL Axiata secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru hingga perluasan jaringan data 4G ke areal-areal baru di seluruh Indonesia," jelasnya.
 
Diketahui, guna memastikan jaringan benar-benar aman, maka XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sekira 1.500 BTS yang menjangkau areal kemungkinan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru. Site-site tersebut berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata.

Selain itu juga, ada penempatan sekira 30 Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatra, Jakarta, Bandung dan di jalur tol Trans Jawa. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar