Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pertashop Siap Dikembangkan Jadi Usaha BUMDes

Mendagri Tito Karnavian dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat me
nunjukkan nota kesepakatan Pertashop menjadi usaha yang akan di-
kembangkan menggunakan dana desa, Selasa (18/2).
Semarang-Vice President Stakeholder Relation Pertamina Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina dalam skala kecil, untuk melayani kebutuhan konsumen mendapatkan BBM dan elpiji. Terutama, untuk wilayah perdesaan yang jauh dari SPBU atau agen Pertamina lainnya. Hal itu dituangkan dalam nota kesepakatan bersama antara Mendagri Tito Karnavian dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati di Holy Stadium Marina, Selasa (18/2).

Bramantya menjelaskan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Pertamina bersinergi untuk memerluas pelayanan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) hingga ke pelosok desa melalui jaringan Pertashop sebagai usaha desa. 

Menurutnya, kehadiran Pertashop untuk mendukung program Pertamina One Village One Outlet dan memastikan pelayanan Pertamina bisa dinikmati masyarakat desa. 

"Modal usahanya nanti dari lembaga desa. Kerja samanya nanti di masing-masing MOR akan membuka informasi, bagaimana kepala desa dan masyarakat apabila akan membuka usaha Pertashop," kata Bramantya.

Lebih lanjut Bramantya menjelaskan, kehadiran Pertashop dipastikan akan melayani 7.196 kecamatan di seluruh Indonesia akan ada satu outlet pelayanan. Pertashop juga dalam rangka mendukung kesejahteraan masyarakat perdesaan, sehingga roda perekonomian bisa terus bergerak.

Salah satu pendamping desa di Desa Wiradesa, Kabupaten Pekalongan Bagus Wingit menyatakan, Pertashop akan menjadi salah satu alternatif usaha yang memanfaatkan dana desa. Terutama, desa-desa yang memang cukup jauh dari SPBU ataupun agen Pertamina lainnya.

"SPBU memang ada di kota, dan jaraknya sekitar 15 kilometer. Saya akan konsultasi dulu dengan kepala desa, terkait Pertashop. Kita punya potensi tempatnya, yang rencananya akan buat ruko. Ini akan jadi usaha luar biasa, karena sudah BBM kan sudah jadi kebutuhan produk," ujar Bagus. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar