Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Petani Garam Didorong Tingkatkan Kualitas Produksi

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Wagub Jateng Taj
Yasin foto bersama dengan petani garam Pati, kemarin.
Semarang-Menteri Kelautan dan Perikan Edhy Prabowo mengatakan enam gudang garam nasional dibangun, dalam upaya mendorong peningkatan kualitas garam dalam negeri. Enam gudang garam nasional yang dibangun pemerintah pusat itu, satu di antaranya ada di Kabupaten Pati. 

Edhy menjelaskan, keberadaan gudang garam nasional itu diharapkan bisa menyimpan garam hasil produksi petani dan untuk meningkatkan hasil produksi garam. Nantinya, pengelolaan gudang garam nasional itu akan dilakukan koperasi garam di masing-masing sentra garam rakyat. 

Edhy menjelaskan, produksi garam rakyat memang belum begitu bagus pasarnya dan kalah dengan garam industri ataupun garam impor. Sehingga, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian dalam hal kapasitas sebenarnya kebutuhan garam untuk industri.

Menurutnya, jika bisa diketahui kapasitas garam untuk industri maka juga bisa mengukur kemampuan petani garam dalam memproduksi. Jika memang bisnis garam sudah jenuh, maka perlu ada upaya untuk membantu petani garam.

"Kalau bisa, garam industri yang dianggap tidak sama dengan garam makanan dan minuman saya butuh datanya. Berapa sih kebutuhan industri itu? Saya akan minta ke menteri perindustrian, pasti ada di situ. Nah ini, kami akan mengukur kekuatan mitra dalam membudidayakan garam. Sehingga, kita tahu kekuatan kita. Karena, kalau ternyata bisnis garam di Indonesia sudah jenuh saya ingin mencari jalan keluarnya. Apakah teman-teman petambak itu kita arahkan dengan budi daya lain, misalnya rumput laut, udang dan sebagainya," kata Edhy saat meresmikan enam gudang garam nasional secara simbolis di Desa Sambilawang, Kecamatan Trangkil Pati, akhir Januari 2020 kemarin.

Edhy lebih lanjut menjelaskan, petani garam memang sudah seharusnya mendapat perhatian serius. Karena, petani garam kerap menjadi korban ketika harga garam lokal rendah dan harus bersaing dengan garam impor. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar