Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Arif: Pasokan Gula Pasir Akan Lancar Pertengahan Maret Ini

Arif Sambodo
Kepala Dinperindag Jateng
Semarang-Kepala Dinperindag Jawa Tengah Arif Sambodo mengakui, memang ada kecenderungan, pasokan gula pasir di pasaran berkurang. 

Menurutnya, yang terjadi saat ini adalah keterlambatan proses giling di pabrik gula akibat dari gagalnya panen tebu.

Arif menjelaskan, kebutuhan gula pasir secara nasional sebanyak 3,6 juta ton per tahun dan untuk Jateng sekira 200 ribu ton per tahunnya. Secara nasional, sebenarnya produksi gula pasir di dalam negeri sebesar 2,8-3 juta ton per tahun. Sedangkan di wilayah Jateng, mampu memproduksi gula pasir sampai 400 ribu ton per tahun.

"Yang terjadi adalah, ini ada keterlambatan giling. Ini masalah nasional, lho. Jadi, ada kelambatan giling secara nasional. Memang kenyataannya begitu. Kenapa terjadi keterlambatan giling? Karena tebu yang kemarin sudah harus panen mengalami kekeringan cukup panjang, sehingga harus diratin ulang atau dibongkar ulang," kata Arif, kemarin.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, keterlambatan dari proses giling ini sudah diantisipasi pemerintah dengan mendatangkan Raw Sugar kurang lebih 495 ribu ton. Pada pertengahan Maret 2020 ini, diperkirakan sudah tersedia stok gula pasir di pasaran.

"Raw Sugar itu didatangkan dari Thailand, India dan Amerika Selatan. Sekarang yang ditunggu waktu pengiriman hingga pengolahan, dan waktunya sekitar 20 hari bisa sampai ke Tanah Air," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar