Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Bawaslu Jateng Rilis Daerah Yang Paling Tinggi Kerawanannya di Pilkada 2020

Anik Solihatun
Komisioner Bawaslu Jateng
Semarang-Komisioner Bawaslu Jawa Tengah Anik Solihatun mengatakan pihaknya sudah merilis Indeks Kerawanan Pilkada (IKP), untuk Pilkada Serentak 2020. 

Anik menjelaskan, dari 21 kabupaten/kota se-Jateng yang akan menggelar pilkada, ada empat daerah masuk kategori rawan tinggi. Dari hasil skoring dimensi kerawanan pilkada itu, kemudian muncul empat daerah paling tinggi kerawanannya. Yaitu Kabupaten Kendal, Purworejo, Sukoharjo dan Demak.

Menurutnya, Bawaslu Jateng telah melakukan penilaian,  yang berdasarkan empat dimensi dalam penyelenggaraan pilkada. Yakni dimensi konteks sosial politik, konteks penyelenggaraan pemilu yang bersih dan adil, kontestasi pilkada dan partisipasi publik.

"Kalau secara rata-rata, total se-Jawa Tengah dari 21 kabupaten/kota yang IKP-nya tinggi itu Kendal dan Purworejo. Sedang 19 kabupaten/kota yang lain itu, kategorinya rawan sedang dan paling rendah adalah Kota Magelang. Kita ada empat dimensi yang menyebabkan muncul Kabupaten Kendal dan Purworejo. Tetapi, kalau di dalami lebih spesifik dari empat dimensi itu ternyata masing-masing kabupaten/kota yang punya derajat rawan tinggi berbeda-beda," kata Anik, Kamis (5/2).

Lebih lanjut Anik menjelaskan, berdasarkan hasil skoring IKP untuk Pilkada Serentak 2020 di Jateng, pihaknya sudah mengambil langkah pencegahan dan penindakan. Yakni, dengan memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar