Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pastikan Tidak Ada Warga Tidak Masuk di DPT Pilkada 2020

Semarang-Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah Muhammad Saleh mengatakan Pilkada Serentak 2020 tinggal menunggu hitungan waktu, yang pelaksanaan pencoblosan akan dilakukan pada 23 September mendatang. Oleh karena itu, KPU kabupaten/kota di provinsi harus memastikan semua warga masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Serentak 2020.

Menurutnya, salah satu kerawanan yang bisa terjadi di pilkada adalah soal proses pemutakhiran data pemilih. Sebab, kesalahan dalam menginput data pemilih akan menyebabkan permasalahan berkepanjangan.

Saleh menyebutkan, penyelenggara pilkada dari jajaran KPU harus bisa meminimalkan potensi kesalahan menginput data pemilih. 
 
"Terutama, terkait dengan data pemilih. Kami ingin memastikan, bahwa semua tahapan-tahapan itu bisa berjalan dengan baik. Kalau bicara kerawanan, maka inputnya harus benar dulu. Karena kalau inputnya tidak benar, pasti di belakang outputnya ada masalah. Input data pemilih harus benar. Kita berharap, sampai bulan September tidak ada masyarakat kita yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya," kata Saleh di sela diskusi tentang pilkada di Hotel Gets Semarang, belum lama ini.

Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat menambahkan, pihaknya akan melakukan supervisi kepada KPU kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada untuk meminimalkan kesalahan dalam menginput data pemilih.

"Pertengahan Maret itu sudah dilakukan proses pemutakhiran data pemilih, itu yang akan kita mutakhirkan. Untuk memastikannya, Petugas Pemutakhiran PPDP akan berkunjung dari rumah ke rumah warga, dan nanti akan diumumkan daftar pemilih sementara untuk mendapat tanggapan dan masukan dari masyarakat," ujar Yulianto. (Bud)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar