Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

RSUD Moewardi Buat APD Sendiri

Kabid Pelayanan Penunjang RSUD dr Moewardi memeragakan cara pakai
APD hasil buatan sendiri kepada salah satu wartawan, Senin (23/3).
Semarang-RSUD Moewardi Surakarta membuat alat pelindung diri (APD) sendiri, sehingga dengan inovasi dan kreasi yang dilakukan bisa memenuhi APD-nya sendiri.

Kabid Pelayanan Penunjang RSUD Moewardi Surakarta Bambang Sugeng mengatakan ide pembuatan APD itu, berawal dari sulitnya mencari alat kesehatan tersebut di pabrikan. Sehingga, rumah sakit kemudian mencari bahan yang cocok untuk dijadikan APD.

Bambang menjelaskan, bahan baku yang dijadikan APD itu kemudian dibeli dan dijahit dengan pengawasan tim dari RSUD Moewardi Solo. Sehingga, hasilnya bisa sesuai dengan standar operasi di rumah sakit.

Dalam sehari, mampu memproduksi 200-250 APD satu set dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit.

Menurutnya, untuk satu APD menghabiskan dana sebesar Rp50 ribu sudah termasuk bahan dan ongkos menjahitnya. Sedang bila beli di pabrik sebelum harga mahal, di kisaran Rp150 ribu per APD. 

"Sekali pakai, dan harus dibakar tidak boleh dibuang. Harga jadi masih di kisaran Rp35 ribu-Rp40 ribu per APD. Kalau yang pabrikan dulu beli harga Rp60 ribu per APD, tapi sekarang sudah Rp150 ribu per APD karena langka. Kebutuhan di RSUD Moewardi satu pasien, itu 15 APD per hari. Jadi, ada satu pasien dengan tiga shift dokter dan perawat. Aturannya ganti orang ganti APD," kata Bambang, Senin (23/3).

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, pihaknya siap membantu rumah sakit lain yang membutuhkan. Termasuk, bila hanya sekadar dibantu belajar membuatnya akan diberikan pelatihan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar