Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Halodoc-Gojek Kerja Sama Dengan RS Mitra Keluarga Sediakan Rapid Test COVID-19 Gratis

Semarang-Kementerian Kesehatan bersama BNPB menunjuk Halodoc, sebagai platform layanan kesehatan digital meluncurkan akses ke tes cepat (Rapid Test) COVID-19 lewat drive thru bagi masyarakat umum. Tujuannya, untuk membantu pemerintah dalam menerapkan mekanisme skrining terarah secara lebih luas bagi masyarakat yang kemungkinan terpapar COVID-19.

Halodoc juga bekerja sama dengan Gojek, dan menggandeng RS Mitra Keluarga sebagai tim medis lapangan dan Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia areal pelaksanaan tes.

CEO Halodoc Jonathan Sudharta dalam rilis mengatakan layanan Rapid Test drive thru ini tersedia bagi warga yang berdomisili di wilayah Jakarta dan tidak dipungut biaya. Untuk penyediaan alat Rapid Test dan jasa tenaga medis yang menjalankan pemeriksaan, sudah dibagi antara Halodoc bersama Gojek dan RS Mitra Keluarga.

Menurutnya, masyarakat bisa memanfaatkan mulai 10-17 April 2020. 

"Pelaksanaan Rapid Test masal berperan penting, dalam menekan laju penyebaran COVID-19. Dengan dukungan teknologi, Halodoc ingin memudahkan masyarakat yang mau melakukan skrining awal dengan mudah dan akurat. Di samping itu juga, sejalan dengan imbauan pemerintah untuk physical distancing," kata Jonathan.

Co-CEO Gojek Group Andre Soelistyo menambahkan, layanan konsultasi di Halodoc juga bisa diakses jutaan masyarakat melalui aplikasi Gojek. Yakni, dengan memilih shuffle card Check COVID-19 yang tersedia pada tampilan aplikasi Gojek. 

Andre menyatakan, jika dokter menilai pengguna perlu dirujuk untuk melakukan Rapid Test, maka pengguna cukup memilih "book appointment" pada rangkuman chat dokter guna menentukan tempat dan waktu pemeriksaan. 

"Melalui kolaborasi Halodoc dengan Gojek, akan semakin banyak masyarakat Indonesia bisa mengakses tes cepat COVID-19. Sehingga, penyebaran COVID-19 akan semakin mudah terpetakan dan bisa ditekan penyebarannya," ucap Andre.

Sementara CEO RS Mitra Keluarga Rustiyan Oen menyebutkan, layanan telemedik ini membantu pemerintah fokus menangani pasien COVID-19 yang berisiko tinggi atau dalam kondisi menengah-parah.

"Kami mengapresiasi langkah Halodoc dan Gojek, dalam menginisiasi akses Rapid Test dengan mekanisme drive thru. Kami dari tim medis akan membantu proses pelaksanaannya, dan langkah ini bisa efektif sekaligus meringankan beban kami sebagai tenaga medis," ujar Rustiyan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar