Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Rusunawa di Boyolali Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat COVID-19

Gubernur Ganjar Pranowo meninjau rumah sakit darurat yang ada di
Boyolali dan memanfaatkan rusunawa di Kecamatan Mojosongo.
Semarang-Pemkab Boyolali menyulap rumah susun sederhana sewa (rusunawa) menjadi rumah sakit darurat, untuk menangani pasien terpapar virus Korona yang ada di Kecamatan Mojosongo.

Salah satu petugas kesehatan di Rumah Sakit Darurat Boyolali dokter Nugroho mengatakan atas perintah dari Bupati Seno Samodro, rusunawa yang seharusnya akan digunakan untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan kurang mampu, sementara waktu dipakai sebagai rumah sakit darurat.

Nugroho menjelaskan, rumah sakit darurat ini berkapasitas 18 kamar dan setiap kamar berisi dua tempat tidur. Dari lima lantai di rusunawa itu, baru satu lantai yang dipakai sebagai tempat perawatan pasien positif terpapar virus Korona.

Menurutnya, yang nantinya akan dirawat di rumah sakit darurat adalah khusus orang dalam pemantauan (ODP) dengan riwayat usai pulang dari luar negeri atau daerah pandemi serta pasien dalam pengawasan (PDP) bergejala ringan hingga sedang. 

"Ada perkiraan lonjakan kasus di akhir April, mudah-mudahan tidak terjadi. Kalau terjadi lonjakan yang tinggi, dan dititipkan di rumah sakit rujukan belum tentu kita mampu. Karena, rumah sakit itu hari-harinya sudah penuh dengan pasien yang lain. Artinya, kita harus menyiapkan rumah sakit yang lain semisal rumah sakit darurat sekarang ini. Tapi, mudah-mudahan lonjakan tidak terjadi, karena ada intervensi pemerintah dalam bentuk lockdown dan sebagainya," kata Nugroho saat menemani kunjungan Gubernur Ganjar Pranowo, kemarin.

Lebih lanjut Nugroho menjelaskan, rumah sakit darurat ini memiliki fasilitas ruang instalasi gawat darurat (IGD), ruang isolasi dan ruang rawat inap. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar