Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Terapkan Drive Thru, Undip Bantu Pemprov Tes COVID-19

Dua petugas medis RS Nasional Diponegoro Undip saat mengambil
spesimen dari warga yang akan dites swab COVID-19.
Semarang-Kementerian Kesehatan menunjuk Rumah Sakit Nasional Diponegoro, untuk menyelenggarakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). 

Rektor Undip Yos Johan Utama mengatakan pihaknya mengaku senang, karena Kementerian Kesehatan memberikan kepercayaan kepada RS Nasional Diponegoro menyelenggarakan tes PCR. Meskipun masih harus menambah sarana dan prasarananya, namun pihaknya akan segera memenuhi sebagai rumah sakit rujukan COVID-19.

Menurut Yos, yang unik dari pemeriksaan swab atau tes PCR ini menerapkan model drive thru. Yakni, calon pasien tidak perlu turun dari kendaraan dan cukup berhenti di lobi.

Setelah itu, petugas dengan memakai alat pelindung diri (APD) dan peralatan medis akan mendatangi serta mengambil spesimen. Sementara, calon pasien bisa terus melanjutkan perjalanan dan menunggu hasil tes di rumah. 

"Ini bagian dari upaya Undip, terhadap apa yang sedang melanda negara ini. Oleh karena itu, Undip melakukan inovasi seperti itu tujuannya adalah bagian dari partisipasi. Dan upaya inovasi ini, diharapkan semakin mengurangi korban-korban dari pandemi," kata Yos, kemarin.

Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, dengan penambahan RS Nasional Diponegoro ikut menyelenggarakan tes swab COVID-19 ini maka akan memercepat proses penanganannya. Bahkan, penerapan model drive thru bisa meminimalisir penularan virus Korona.  

"Undip membantu kita melalui Rumah Sakit Nasional Diponegoro ini, ada satu lab yang bisa memproses tes lab untuk PCR. Karena sekarang, keluhannya model swab ini problemnya karena VTM tidak ada. Dan labnya terbatas, serta ahlinya terbatas," ujar Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar