Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Zakat Fitrah ASN Pemprov Jateng Dibayar di Awal Ramadan

Gubernur Ganjar Pranowo memimpin Rakor Pembahasan salat tarawih
dan salat Idul Fitri 2020 di kantor gubernuran, Selasa (7/4).
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin Rakor Pembahasan Salat Tarawih dan Salat Idul Fitri 2020 di kantor gubernuran, Selasa (7/4) siang. Dalam rakor itu disepakati, pembayaran zakat fitrah untuk aparatur sipil negara (ASN) pemprov dibayarkan di awal bulan Ramadan.

Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya bersama MUI Jateng membahas surat edaran dari menteri agama, tentang panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri di tengah pandemi virus Korona. Karena, dalam surat edaran itu bisa menjadi pijakan bersama antara pemprov dan tokoh ulama mengenai pelaksanaan kegiatan ibadah umat Islam selama bulan puasa.

Ada beberapa hal yang menjadi kesepakatan bersama dengan MUI Jateng, terkait penanganan virus Korona pada bulan suci Ramadan. Salah satunya, tentang kewajiban pembayaran zakat fitrah maupun zakat maal dibayarkan di awal bulan puasa.

"Tapi dinamika yang berkembang ini akan kita terus menerus. Dan tadi kita bersepakat dengan MUI, khusus berkaitan dengan zakat akan kita bayarkan di awal Ramadan. Dari pemprov akan kita siapkan edarannya, agar zakat fitrah dan zakat maal ini dibayarkan di depan sebelum Ramadan," kata Ganjar.

Ketua MUI Jateng KH Ahmad Daroji menambahkan, masyarakat muslim di provinsi ini diminta tidak mengendorkan ibadah selama bulan puasa meskipun dilakukan di rumah masing-masing.

"Kita berharap pada semuanya, agar melakukan istighosah dan doa bersama. Diharapkan, setiap masjid tetap mengumandangkan azan dan tadarus Alquran. Siapa tahu, dengan apa yang dilakukan di bulan Ramadan dan Tuhan akan memberikan keajaiban kepada kita. Sebagai umat Islam harus percaya, Insya Allah Tuhan mengabulkan doa kita," ujar Daroji.

Lebih lanjut Daroji menjelaskan, 10 hari sebelum masuk bulan puasa pihaknya juga akan melakukan pembahasan lebih lanjut tentang kondisi terkini soal pandemi virus Korona. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar