Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Bangun Ketahanan Pangan Rumah Tangga Dengan Manfaatkan Lahan Seadanya

Siti Atikoh Ganjar Pranowo
Ketum Tim Penggerak PKK Jateng
Semarang-Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Siti Atikoh mengajak Sekretaris Pokja III Woro Sri Hartati bercocok tanam empon-empon dan sayuran, dengan memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah. Sebagai media tanamnya, dipakai barang bekas dari rumah. Bisa berupa gelas plastik rusak atau botol bekas minuman kemasan.

Siti Atikoh mengatakan dengan alat-alat seadanya, halaman rumah yang sempit pun bisa diubah bak swalayan kebutuhan memasak tanpa harus keluar rumah. 

Menurutnya, hampir semua bumbu dapur semisal jahe, kencur dan temulawak mudah sekali tumbuh. Sedangkan untuk sayur-sayuran atau cabai, diperlukan perlakuan khusus agar bisa berkembang. 

Atikoh menjelaskan, untuk mulai pembenihan diperlukan tempat yang teduh guna menyemai. Ketika bibit telah tumbuh daun, kemudian bisa dipindah ke media pot dan dipindah ke lahan yang terkena sinar matahari langsung.

"Media tanamnya bisa apa saja, mulai dari bekas plastik minyak goreng. Di lahan sempit bisa juga bertanam secara vertikal atau hidroponik. Tidak menyita tempat," kata Atikoh, Senin (4/5).

Atikoh lebih lanjut menjelaskan, menanam sayur dan bumbu dapur tidak begitu sulit. Sebab, yang dibutuhkan hanya media tanam berupa sekam, pupuk kandang dan penyemprot air.

"Yang terpenting lagi adalah niat. Kalau sudah niat gampang menanam," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar