Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Warga Waspadai Tawaran Kerja di Luar Negeri Dari Perusahaan Tak Resmi

ILUSTRASI PEKERJA
Semarang-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Tengah meminta kepada para pencari kerja, untuk berhati-hati saat mendapat tawaran pekerjaan di luar negeri. Para pencari kerja sebaiknya mencari informasi terlebih dulu, terkait perusahaan penyalur tenaga kerja itu.

Kepala Dinakertrans Jateng Sakina Rosellasari mengatakan kurangnya informasi yang didapat para pencari kerja itu, menjadi celah bagi para oknum untuk melakukan penipuan dengan iming-iming bisa bekerja di luar negeri. Padahal, untuk bisa bekerja di luar negeri itu syarat yang harus dipenuhi tidak mudah.

Sakina menjelaskan, tidak hanya penipuan dengan meraup uang milik calon tenaga kerja saja tapi juga ancaman kekerasan fisik hingga kehilangan nyawa saat sudah berada di luar negeri. 

Menurutnya, para calon tenaga kerja ketika mendapat tawaran pekerjaan di luar negeri bisa melakukan pengecekan ke kantor Disnaker setempat. Yang perlu diketahui apakah perusahaan itu terdaftar atau tidak, dan memiliki lisensi untuk merekrut calon tenaga kerja atau tidak.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, untuk berhati-hati apabila ada tawaran-tawaran seperti itu mohon dicek. Dicek dulu dengan maining agent-nya, atau agensi pengawasannya apakah punya lisensi resmi atau tidak. Calon tenaga kerja berhak untuk menanyakan, karena efeknya akan besar. Jadi, mohon untuk hati-hati meskipun ada iming-iming gaji tinggi," kata Sakina, baru-baru ini.

Sakina lebih lanjut menjelaskan, Dinakertrans Jateng sebenarnya mempunyai pengawas tenaga kerja yang bertugas sesuai dengan kewenangannya. Terutama, untuk mengawasi perusahaan-perusahaan penyalur tenaga kerja yang berlokasi di wilayah Jateng. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar