Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Penerapan Nilai Pancasila Untuk Tangani Pandemi

Gubernur Ganjar Pranowo usai mengikuti upacara Hari
Pancasila secara virtual dengan Presiden Jokowi.
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan Pancasila memiliki nilai filosofi yang tinggi, saat dicetuskan Presiden pertama RI Soekarno. Pancasila memiliki ajaran inti yang luhur, yaitu nilai gotong royong. Pernyataan itu dikatakan saat mengikuti upacara Peringatan Hari Pancasila secara virtual bersama Presiden Joko Widodo, Senin (1/6).

Ganjar menjelaskan, Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila di dalam penanganan wabah virus Korona. Sehingga, bangsa Indonesia bisa segera bangkit dan sukses melakukan penanganan pandemi COVID-19.

Menurutnya, dalam situasi pandemi ini nilai-nilai luhur Pancasila benar-benar diterapkan. Mulai dari nilai ketuhanan, sampai pada nilai-nilai keadilan sosial.

"Ada semangat yang mesti kita bangun, dan ini persis semangat Pancasila. Kita diminta untuk membuktikan nilai-nilai Pancasila itu ada, dan tentu saja Pancasila itu spiritnya gotong royong. Bung Karno sudah sampaikan, bahwa kalau Pancasila itu diperas jadi satu sila saja itu hanya gotong royong. Nah, hari ini sebenarnya kita sudah membuktikan kemampuan bangsa untuk bisa bergotong rotong dan bangkit dari situasi pandemi COVID-19," kata Ganjar, Senin (1/6).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, di tengah pandemi ini semua orang bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, masyarakat Indonesia harus terus memerkokoh tali persatuan dan gotong royong.

"Dalam konteks penanganan COVID-19 ini, bangsa Indonesia harus bisa membuktikan nilai-nilai Pancasila dipegang teguh dan dilaksanakan. Mengajarkan bagaimana seluruh masyarakat Indonesia bersatu, dan bahu membahu melawan virus Korona dengan cara yang cerdas," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar