Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pertamina Gelar Rapid Test Masal di Pasar Kebumen

Pertamina bersama Pemkab Kebumen menggelar Rapid Test masal di
sejumlah pasar tradisional, Minggu (7/6).
Semarang-Pertamina menggandeng Pemkab Kebumen menggelar Rapid Test masal di sejumlah pasar tradisional, Minggu (7/6). Yakni di Pasar Demangsari, Kecamatan Ayah dan Pasar Mergosono, Kecamatan Buayan serta Pasar Kuwarasan, Kecamatan Kebumen.

Unit Manager CommRel & CSR Pertamina MOR IV Anna Yudhiastuti dalam rilis mengatakan pihaknya menyediakan dua ribu Rapid Test, yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan cepat di sejumlah pasar tradisional di Kebumen. Sasarannya adalah para pedagang dan pembeli secara acak.

Menurutnya, Pertamina terus berperan aktif guna mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19. 

Anna menjelaskan, Pertamina terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan seluruh pihak dalam upaya mengurangi penyebaran virus Korona di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Salah satu upaya yang dilakukan, dengan melakukan tes masal menggunakan metode Rapid Diagnose Test (RDT). 

"Banyak upaya yang telah kami lakukan, terkait langkah pencegahan penyebaran virus Korona di lingkungan internal perusahaan. Kami juga membantu menyediakan alat medis berupa RPD, hand sanitizer, masker dan wastafel portabel serta bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak COVID-19," kata Anna.

Sementara Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan, tes cepat yang dilakukan itu guna memerluas jangkauan deteksi COVID-19 di masyarakat. Tujuannya, agar bisa dipetakan dalam bentuk klaster zona.

"Kami pilih pasar menjadi lokasi Rapid Test, karena merupakan tempat keramaian yang memiliki potensi penyebaran COVID-19. Hari ini total ada 1.300 orang yang mengikuti Rapid Test, ada pedagang dan pengunjung pasar," ujar Arif.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, apabila saat dilakukan Rapid Test masal ditemukan ada yang reaktif akan dilakukan penanganan lebih lanjut. Mulai dari karantina mandiri, sampai pemeriksaan lanjutan melalui tes swab atau uji Polymerase Chain Reaction (PCR) di laboratorium rujukan COVID-19. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar