Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ada Robot di Acara Wisuda Undip

Tiga robot ini menggantikan kehadiran fisik dari peserta wisudawan
Undip ke-159, Senin (27/7).
Semarang-Tiga buah robot terlihat di aula Gedung Prof Soedharto Universitas Diponegoro, Senin (27/7). Ketiga robot itu bukan menjadi wisudawan diprosesi wisuda ke-159 yang diselenggarakan Undip, tetapi menjadi pengganti bagi peserta wisuda lulusan cumlaude dari masing-masing fakultas.

Rektor Undip Yos Johan Utama mengatakan robot-robot itu dirancang, untuk menggantikan kehadiran fisik para peserta wisuda ke-159 tahun ini. Sedangkan para wisudawan/wisudawati, mengikuti prosesi wisuda di rumah masing-masing.

Yos Johan menjelaskan, robot peraga pengganti peserta wisuda itu memakai jubah dan toga wisuda lengkap. Namun, pada bagian wajah robot disematkan piranti tablet yang memunculkan wajah lulusan dan tersambung serta online dari gawai tiap peserta wisuda.

Menurutnya, robot-robot pengganti peserta wisuda itu merupakan robot generasi keempat yang dikembangkan Pusat Riset Unggulan Iptek Undip untuk Teknologi Kesehatan.

"Ya ini upaya kita menggunakan teknologi yang ada di Universitas Diponegoro. Ini sudah robot generasi keempat, dan sudah mengalami pengembangan serta segala macamnya. Akan terus dikembangkan lagi robot-robot seperti ini, untuk kemudian bukan hanya buat wisuda saja tapi untuk hal lainnya. Semisalnya untuk membantu orang-orang yang memang membutuhkan peralatan robot. Contohnya tangan atau kaki buatan," kata Yos.

Lebih lanjut Yos Johan menjelaskan, pada prosesi wisuda ke-159 ini diikuti 2.561 wisudawan/wisudawati dan terbagi dalam tiga tahap selama empat hari. Wisuda kali ini, terdapat dua lulusan yang merupakan mahasiswa asing asal Libya dan Rwanda. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar