Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Polda Jateng Berdayakan Lahan Kosong Jadi Kolam Ikan

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan panen raya perdana
ikan hasil budidaya di Mako Ditpolairud Pelabuhan Tanjung Emas.
Semarang-Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan jajarannya ikut membantu pemerintah dalam meningkatkan konsumsi makan ikan di masyarakat, melalui pembudidayaan ikan di lahan kosong samping Mako Ditpolairud di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Hasil budidaya ikan dilakukan panen raya perdana pada Kamis (9/7), dan diperoleh 5,4 ton ikan berbagai jenis.

Ahmad Luthfi menjelaskan, sebagai upaya meningkatkan konsumsi makan ikan kepada masyarakat pihaknya memanfaatkan lahan kosong milik Pelindo III di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebagai lokasi budidaya ikan. Lahan kosong yang tepat berada di samping Mako Ditpolairud Polda Jateng itu kemudian ditebar 25 ribu bibit ikan nila, 100 ribu ekor udang vaname dan 200 ekor ikan kerapu serta ikan bandeng sebanyak 200 ribu ekor. 

Ribuan benih ikan disebar sejak 21 Februari 2020 kemarin, sebelum terjadi pandemi. Sebab, tujuan utama dari kegiatan itu untuk meningkatkan konsumsi dan menggalakkan gemar makan ikan bagi masyarakat sekitar.

"Kapolri telah memerintahkan kita, untuk membuat ketahanan pangan yang diarahkan pada sektor peternakan dan perikanan. Kita panen hampir 5,4 ton ikan nila, bandeng dan udang. Hasil budidaya ini diolah dan dikelola serta dimanfaatkan masyarakat sekitar. Karena kita tidak tahu, dampak pandemi ini sampai kapan," kata kapolda.

Lebih lanjut Ahmad Luthfi menjelaskan, untuk sektor ketahanan pangan lainnya yang diberdayakan Polda Jateng adalah pertanian dengan lahan seluar 294 ribu meter persegi dan ditanami tiga juta pohon lebih. Kemudian juga sektor peternakan, dengan membudidayakan 330 ribu ekor ternak di lahan seluas 521 ribu meter persegi. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar