Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Soal Limbah Medis,Rumah Sakit Harus Bisa Tangani Dengan Baik

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
Semarang-Gubernur Ganjar Pranowo sudah meminta kepada seluruh rumah sakit rujukan COVID-19 di Jawa Tengah, untuk mengelola limbah medisnya dengan baik dan benar. Pemprov menyarankan kepada pihak rumah sakit, agar tidak gegabah di dalam membuang limbah medis.

Ganjar menjelaskan, seluruh rumah sakit rujukan COVID-19 diminta memerhatikan pengelolaan limbah medisnya. Sehingga, limbah medis di masa pandemi ini harus diperlakukan secara khusus.

Menurutnya, cukup banyak barang-barang medis di rumah sakit yang sekali pakai. Misalnya masker dan juga sarung tangan.

"Kita juga meminta, agar nanti rumah sakit agak berhati-hati untuk melakukan pengelolaan limbahnya dengan baik. Tadi ada catatan soal limbah, limbah rumah sakit karena barang-barang sekali pakainya banyak. Apalagi disposalnya juga banyak. Maka, insenerasinya itu juga harus dengan baik. Ini ada izin yang mesti sampai ke pusat. Tugas saya nanti untuk membereskan itu, sehingga nanti kalau ada kesulitan-kesulitan Dinas LHK agar cepat. Sudahlah, kasih izin saja agar rumah sakit bisa mengelola limbahnya dengan baik," kata Ganjar, Senin (6/7).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, memanfaatkan ulang limbah medis sangat membahayakan jika tidak diolah secara profesional. Sehingga, rumah sakit harus bisa memilih pihak ketiga yang mengolah limbah medis dengan baik dan memiliki kompetensi serta didukung peralatan memadai.

"Karena banyak pasien positif COVID-19 yang dirawat, maka limbah medis harus bisa diawasi dengan ketat. Semua limbah medis harus dikelola dengan semestinya, dan mendapat perlakuan lebih dibanding limbah medis lainnya. Jadi, tolong diperhatikan dengan baik soal pengelolaan limbah medis ini," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar