Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Waspadai Penyakit Antraks di Daging Hewan Kurban

Yulianto Prabowo
Kadinkes Jawa Tengah
Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan pada saat hari raya Idul Adha nanti, yang harus mendapat kewaspadaan adalah penyebaran penyakit zoonosis. Untuk pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban, menjadi kewenangan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Namun, pihaknya tetap mewanti kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan penularan penyakit zoonosis dari hewan ke manusia.

Yulianto menjelaskan, ada beberapa penyakit yang dibawa hewan bisa menular kepada manusia dan cukup berbahaya. Salah satunya adalah penyakit Antraks, yang sifatnya mematikan jika sampai menginfeksi manusia.

Menurutnya, yang terpenting adalah dilakukan pengawasan dari proses penyembelihan hingga pendistribusiannya.

"Hewan kurban condong bukan ke COVID-19, tapi ke Antraks dan cacing hati. Semacam itu. Karena penyakit zoonosis itu penyakit dari hewan, yang bisa menular pada manusia itu cukup banyak. Itu yang kita waspadai. Bahkan, dari 10 penyakit menular itu sebagian besar zoonosis yang bersumber dari hewan," kata Yulianto, Kamis (2/7).

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, masyarakat yang berada di zona-zona berbahaya penyebaran virus Korona harus lebih berhati-hati pada saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Terutama, menghindari adanya kerumunan pada saat proses penyembelihan hingga pendistribusiannya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar