Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pelajar di Jateng Didorong Gemar Menabung

Gubernur Ganjar Pranowo (kiri) bersama Kepala OJK Kanreg 3 Jateng-
DIY Aman Santosa di sela peringatan Hari Indonesia Menabung.
Semarang-Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 3 Jawa Tengah-DIY Aman Santosa mengatakan pihaknya bersama Pemprov Jateng, berupaya meningkatkan literasi menabung di kalangan pelajar meskipun saat ini masih pandemi COVID-19. 

Aman menjelaskan, dalam rangka memeringati Hari Indonesia Menabung pihaknya menggandeng pemprov untuk mewujudkan Gerakan Satu Pelajar Satu Rekening dengan sasaran pelajar SMP dan SMA/SMK. Karena, di usia pelajar jenjang pendidikan tersebut sudah mengenal nilai uang.

Menurutnya, dengan program Gerakan Satu Pelajar Satu Rekening menjadi tantangan bagi OJK bersama pemerintah daerah setempat untuk bisa mewujudkannya.

"Survei OJK pada 2019 kemarin menunjukkan, bahwa Indeks Literasi Keuangan Jawa Tengah sebesar 47,38 persen. Ini lebih tinggi bila dibandingkan Indeks Literasi Keuangan nasional, yang hanya sebesar 38,03 persen. Sedangkan Inklusi Keuangan di Jateng itu 65,71 persen, masih rendah dari nasional yang sudah mencapai 76,19 persen," kata Aman, kemarin.

Sementara Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, pihaknya akan mendukung upaya OJK dalam meningkatkan literasi keuangan dan budaya gemar menabung di kalangan pelajar di Jateng. Sebab, gerakan ini akan menanamkan kesadaran sejak dini tentang menabung dan memberikan jaminan keuangan di masa depan.

"Kita coba dorong pelajar-pelajar, tetap ingat menabung. Betapa kondisinya sulit, tapi kita coba terus membantu mereka anak-anak untuk bisa menabung. Dan ini kerja sama kita dengan OJK terus menerus, sehingga literasi keuangan kita menjadi lebih baik," ujar Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar