Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemerintah Harus Genjot Belanja Anggaran Untuk Pemulihan Ekonomi

Warga Jateng yang tinggal di Jakarta menerima bantuan sembako dari
Pemprov Jateng, belum lama ini.
Semarang-Dalam memulihkan ekonomi nasional di masa pandemi terus dilakukan pemerintah, agar konsumsi masyarakat kembali menggeliat. 

Ekonom Unika Soegijapranata Semarang Prof Andreas Lako mengatakan salah satu sektor yang didorong untuk memulihkan ekonomi adalah belanja anggaran pemerintah, agar perekonomian masyarakat pulih. Karena, dampak pandemi COVID-19 yang terjadi membuat pertumbuhan ekonomi tumbuh minus. 

Prof Lako menyebutkan, percepatan belanja pemerintah diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga 2020.

"Jadi kalau dalam pandangan saya, kalau mau memulihkan ekonomi pertama dari sisi permintaan harus didorong bertumbuh. Yang kita harapkan bisa didorong itu, dari sisi pengeluaran pemerintah. Kalau dari sisi permintaan bisa didorong naik, otomatis akan berdampak pada konsumsi dan investasi," kata Prof Lako dalam diskusi "Strategi Jitu Bangkitkan Ekonomi PascaPandemi", Jumat (21/8) kemarin.

Sementara ekonom Undip Prof FX Sugiyanto menambahkan, jurang resesi ekonomi karena pandemi memang sudah menyeret sejumlah negeri. Kondisi ini disebutnya lebih parah, daripada saat krisis ekonomi 1998 lalu.

Menurutnya, pemerintah juga harus seimbang di dalam menangani pandemi ini. Tidak hanya fokus pada pemulihan ekonomi, tetapi juga pemulihan sektor kesehatan. 

"Ini indikasi kuat bisa terjadi resesi, ketika tidak terjadi penanganan dengan tepat. Itu hanya mungkin kalau apa, dampak COVID-19 dari aspek kesehatannya harus teratasi dengan benar. Kalau itu tidak saya kira akan lebih lambat, bisa jadi resesi itu akan datang," ucap Prof Sugiyanto. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar