Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BMKG Ajarkan Warga Mijen Informasi Iklim

Perwakilsan BMKG Stasiun Klimatologi Semarang menunjukkan alat pengukur hujan 
ke salah satu petani di Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

     Semarang-Warga di Kecamatan Mijen Kota Semarang mendapat informasi tentang sosialisasi agroklimat melalui Sekolah Lapang Iklim, dari Stasiun Klimatologi Semarang. Peserta Sekolah Lapang Iklim diikuti petani dan petugas penyuluh pertanian, di Kecamatan Mijen.

  Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Mijen Budi Ichtiarso mengatakan kegiatan sosialisasi agroklimat dengan tema "Sekolah Lapang Iklim BMKG Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional ini, para peserta bisa memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh untuk diterapkan dalam kegiatan budidaya pertanian. Sehingga, mengurangi risiko dampak kondisi cuaca maupun iklim dan musim yang bervariasi terhadap kegiatan budidaya pertanian.

   Budi menjelaskan, materi-materi yang disampaikan di antaranya pengenalan alat pengukur hujan dan pemahaman cuaca serta iklim. Termasuk, materi tentang pemahaman iklim ekstrim dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

     "Kegiatan SLI Operasional ini dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan petani terkait informasi seputar cuaca, iklim dan musim. Diharapkan juga, pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan ini bisa disebarluaskan ke petani-petani atau kelompok pertanian lainnya," kata Budi di sela pemberian materi tentang cuaca dan iklim di aula Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Mijen, baru-baru ini.

Wakil BMKG Stasiun Klimatologi Semarang memberikan 
souvernir ke peserta Sekolah Lapang Iklim yang di-
adakan di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang

  Tidak hanya petani di Kecamatan Mijen saja yang mendapat pemahaman tentang iklim dan cuaca, tetapi juga petani milenial di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Bersama Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Semarang, BMKG Stasiun Klimatologi Semarang memberikan Sekolah Lapang Iklim Operasional tentang sosialisasi agroklimat.

 Perwakilan dari Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Semarang Agung Maashaba menyatakan, kegiatan Sekolah Lapang Iklim sangat bermanfaat dan bisa diterapkan para petani saat akan bercocok tanam. 

     "Sebab, selama ini masih terdapat kerancuan di tingkat petani dalam menggunakan istilah cuaca, iklim dan musim. Sehingga, melalui kegiatan ini diharapkan peserta bisa memahami istilah-istilah tersebut supaya tidak keliru ketika menerapkan dalam kegiatan budidaya pertanian," ujar Agung di sela membuka Sekolah Lapang Iklim di Kebun Doesoen Kopi Sirap, belum lama ini.

   Agung lebih lanjut berharap, para petani milenial di Kabupaten Semarang bisa menangkap dan memahami materi tentang iklim dan cuaca dengan baik. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar