Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Cabai dan Bawang Merah Sumbang Deflasi di Jateng

Iss Savitri Hafid
Kepala Grup Advisory
KPw BI Jateng
Semarang-Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Jateng Iss Savitri Hafid mengatakan deflasi yang terjadi pada Agustus 2020, disumbang penurunan harga kelompok bahan pangan. Yakni mencapai -1,21 persen, dan semakin dalam dari bulan sebelumnya yang berada di angka -0,92 persen.

Iss menjelaskan, penurunan harga kelompok bahan pangan itu terjadi pada sejumlah komoditas utama. Mulai dari bawang merah dan cabai rawit, serta daging ayam ras. 

Menurutnya, cabai merah menjadi sumber utama terjadinya deflasi di Jateng pada Agustus 2020 karena mengalami penurunan harga sebesar -16,52 persen. Kemudian disusul bawang merah yang menjadi penyumbang deflasi terbesar, karena di beberapa daerah penghasil bawang merah saat ini memasuki masa panen.

Deflasi tertinggi terjadi di Purwokerto sebesar -0,12 persen, kemudian disusul Cilacap sebesar -0,09 persen dan Kota Semarang -0,06 persen.

"Berdasarkan data rilis dari BPS, pada Agustus 2020 ini Jawa Tengah kembali mencatat deflasi sebesar -0,03 persen mtm melanjutkan pelemahan laju inflasi Juli 2020 yang tercatat -0,09 persen mtm. Realisasi tersebut juga lebih rendah dibandingkan rata-rata dalam lima tahun terakhir, sehingga dengan tersebut secara tahunan inflasi Jawa Tengah tercatat sebesar 1,28 persen yoy. Ini lebih rendah dari angka nasional, yang tercatat 1,32 persen," kata Iss, kemarin.

Lebih lanjut Iss menjelaskan, belum pulihnya daya beli masyarakat dan belum optimalnya sektor usaha katering maupun restoran juga memberi pengaruh anjloknya harga sejumlah komoditas pangan di Jateng. Sehingga, tren penurunan harga komoditas pangan ini masih berlanjut sejak Maret 2020 lalu. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar