Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

DPR RI Apresiasi Penanganan Pencemaran Bengawan Solo Yang Dilakukan Pemprov Jateng

Gubernur Ganjar Pranowo memberi penjelasan soal penanganan pen
cemaran di Bengawan Solo kepada anggota DPR RI.
     Semarang-Anggota Komisi 3 dari Fraksi PKS Aboe Bakar Al-Habsy mengatakan Pemprov Jawa Tengah dinilai cukup cepat, di dalam mengendalikan pencemaran lingkungan di aliran Sungai Bengawan Solo. Bahkan, langkah pemprov yang memberi batas waktu kepada perusahaan di sekitar Bengawan Solo memerbaiki instalasi pengolah limbahnya juga patut mendapat apresiasi.

     Aboe menjelaskan, pemprov tidak hanya mampu mengendalikan pencemaran lingkungan tetapi juga mampu membuat ekonomi sekitar tetap berjalan. Namun demikian, pemprov jangan sampai kalah dengan pengusaha berkaitan dengan pencemaran lingkungan.

   "Khususnya menyangkut berita-berita di media soal limbah. Kita harus mampu menegakkan hukum, khususnya lingkungan hidup karena menyangkut kehidupan masyarakat. Tapi kita juga tidak menghancurkan kehidupan ekonomi. Jadi, ada langkah-langkah penegakan hukum dengan solusi yang terbaik," kata Aboe, kemarin.

     Anggota Komisi 3 yang lain, Arteria Dahlan dari Fraksi PDIP juga menyebut langkah Pemprov Jateng dalam menangani isu lingkungan patut dijadikan contoh bagi pemerintah daerah lainnya. Karena, pemprov tidak langsung menindak pelanggar tetapi memetakan dan mengkaji rencana aksi hingga memberikan solusi.

    "Penegakan hukumnya sudah hadir, dan berdasar kearifan lokal serta humanisme. Kita berharap, semuanya bisa on the track baik pengusahanya maupun stakeholder dan masyarakat sekitar serta pemerintah daerah. Sehingga, upaya yang dilakukan tidak melulu pada penegakan hukum pidana saja tapi lebih pada pemulihan kualitas lingkungan," ucap Arteria. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar