Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Desa Krandegan Maksimalkan Aplikasi Online Layani Masyarakat

Kades Krandegan, Dwinanto menunjukkan aplikasi yang
dibuat kepada Gubernur Ganjar Pranowo.

    Semarang-Kepala Desa Krandegan Dwinanto mengatakan pihaknya menyediakan sejumlah aplikasi digital melalui aplikasi Desa Pintar, untuk melayani masyarakat berbasis digital.

        Dwinanto menjelaskan, sejumlah aplikasi yang dibuat itu untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan. Beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat Desa Krandegan adalah Si Polgan untuk memudahkan pengurusan perizinan. Dengan aplikasi itu, warga tidak perlu datang ke kantor desa. 

        Dwinanto menjelaskan, aplikasi lainnya adalah tokodesaku.id yang dibuat untuk mewadahi dagangan masyarakat desa dan dijual secara online. 

            "Mulai dari pelayanan online, toko online, ojek online dan pembayaran online. Jadi intinya, untuk memudahkan warga dan meningkatkan kinerja pemerintahan desa serta menciptakan lapangan kerja baru. Memang saya sudah lama punya impian bagaimana mewujudkan desa digital, sekaligus BUMDes yang mapan. Ini kita integrasikan. Jadi, BUMDes kita adalah BUMDes yang menjual produk digital," kata Dwinanto, kemarin.

        Gubernur Ganjar Pranowo mengaku kagum dengan inovasi yang dibuat Pemdes Krandegan, karena mampu memudahkan segala urusan pelayanan melalui aplikasi digital. Bahkan, aplikasi yang diterapkan Desa Krandegan itu bisa dijual dan menjadi peluang bisnis baru desa tersebut.

        "Menciptakan lapangan kerja baru, benar-benar baru. Teman-teman di desa luar biasa, dan ini programmernya anak muda. Anak muda di desa enggak perlu pergi ke kota, dia gerakkan itu terus kemudian jualan dapat komisi dari sana. Maka, ada entrepreneur," ujar Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar