Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinkes Genjot Pengambilan Spesimen COVID-19 di Jateng

Yulianto Prabowo
Kepala Dinas Kesehatan Jateng

            Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo terus mendorong kabupaten/kota, agar memerbanyak pengambilan spesimen sesuai target yang telah ditetapkan. Sebab, Dinkes Jateng sudah menambah kapasitas di tiga laboratorium untuk memeriksa spesimen setiap harinya hingga 1.00 spesimen.

            Yulianto menjelaskan, tiga laboratorium yang diperkuat kapasitasnya adalah Badan Laboratorium Kesehatan Provinsi di Kota Semarang dan Laboratorium RSUD Moewardi di Kota Surakarta serta Laboratorium RSUD Margono di Kabupaten Banyumas. Bahkan, juga telah dilakukan penambahan sumber daya manusia (SDM) dan alat-alat yang dibutuhkan.

            Menurutnya, saat ini sudah ada sekira 295 ribu tes PCR yang dilakukan di seluruh Jateng dengan positivity rate atay rasio kasus positifnya sekira 10,15 persen. Sehingga, kabupaten/kota di Jateng diminta terus melakukan testing dan tracing serta treatment.

            "Minggu ini kita rencanakan minimal 1.000 per hari spesimen yang diperiksa, di tiga tempat ini. Minggu depannya, 2.000 spesimen per hari. Makanya pak gubernur tadi menginstruksikan bagi kabupaten/kota yang masih rendah pengambilan spesimennya, agar minggu-minggu ini dorong untuk pemeriksaan spesimen," kata Yulianto, kemarin.

        Yulianto lebih lanjut menjelaskan, saat ini pemeriksaan spesimen di seluruh laboratorium di Jateng sudah mencapai lebih dari lima ribu spesimen per hari. Jumlah itu di atas target yang ditetapkan pemerintah, sebesar 4.991 spesimen per hari. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar