Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Perubahan Perilaku Hidup Sehat Lebih Efektif Dibanding PSBB

Sejumlah orang terjaring operasi yustisi tidak me-
makai masker.

     Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo meminta masyarakat, untuk terus berperilaku hidup sehat di masa pandemi dengan menerapkan gerakan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

   Menurutnya, perubahan perilaku hidup sehat lebih efektif menanggulangi penyebaran virus Korona dibandingkan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

        Yulianto menjelaskan, daerah-daerah yang sebelumnya menerapkan PSBB sampai dengan saat ini tingkat kasus positif COVID-19 terus bertambah. Bahkan, belum ada wilayah yang memberlakukan PSBB berhasil menurunkan kasus COVID-19.

          "Jadi kuncinya itu ada di perubahan perilaku di masyarakat. Itu penting sekali, dan perubahan perilaku itu tentunya sangat dipengaruhi dalam komunitas yang terkecil. Yakni dari keluarga, lalu RT-RW di dalam membangun suatu budaya," kata Yulianto, Jumat (2/10).

      Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, masyarakat harus terus diedukasi secara berkelanjutan untuk selalu memakai masker saat berada di luar rumah atau beraktivitas di ruang publik. Selain itu, rajin mencuci tangan baik sebelum atau setelah melakukan aktivitas.

        Terpisah, Gubernur Ganjar Pranowo juga menyebut jika menerapkan PSBB atau karantina wilayah belum tentu efektif mencegah terjadi penularan virus Korona. Bahkan, pemberlakuan PSBB harus memerhitungkan secara cermat kekuatan daerah tersebut secara finansial.

      "Belum tentu efektif juga. Kita mesti pertimbangkan mateng-mateng. Sosialnya, ekonominya, kesehatannya dan lainnya. Kalau kita semua bisa mendorong, perlu juga kita membuat champion-champion yang saya kira secara positif mereka akan kita pakai sebagai agen untuk memperbaiki," ujar Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar