Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Desk Relawan Dibentuk Untuk Cegah Penyebaran COVID-19

Lilik Kurniawan
Deputi Bidang Pencegahan
dan Kesiapssiagaan BNPB
    Semarang-Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Lilik Kurniawan mengatakan pihaknya membuat desk relawan yang ada di sekitar Gunung Merapi, agar bisa menjadi wadah bagi relawan dari sejumlah daerah. Tujuannya, memastikan relawan yang datang dalam kondisi sehat dan bebas dari COVID-19.

    Lilik menjelaskan, desk relawan yang dibuat itu juga nantinya untuk mengelola dan mengarahkan para relawan dari sejumlah daerah yang datang tetap terkontrol dan terkendali. Pihaknya juga akan memfasilitasi para relawan dilakukan pengecekan kesehatan sebelum ikut membantu evakuasi warga.

    Menurutnya, BNPB terus memastikan dan meminimalkan potensi ancaman tidak hanya dari erupsi Merapi tetapi juga mencegah penularan COVID-19.

    "Jadi, memang status Merapi ini adalah siaga. Saya bersyukur sebenarnya di seputar Merapi ketangguhannya sudah terlihat. Masyarakat sudah memikirkan sendiri dan merencanakan, dengan desa paseduluran atau sister village. Misalnya apabila warga desa A mengungsi, akan diterima di desa B yang aman. Kemarin saya juga sudah mengumpulkan seluruh relawan yang ada di sekitar Merapi dan memastikan bagaimana relawan bekerja," kata Lilik, kemarin.

    Lebih lanjut Lilik menjelaskan, dengan desk relawan juga akan dimanfaatkan untuk menampung semua logistik yang masuk. Sehingga, proses pendistribusian bantuan logistik ke pengungsi bisa lebih efektif. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar