Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar Ingatkan Penambang Tak Asal Gali Lahan

Gubernur Ganjar Pranowo bersama warga Kecamatan Kemalang,
Klaten menanam pohon di bekas lahan galian pasir.

        Semarang-Para penambang yang ada di Kabupaten Klaten di sekitar lereng Gunung Merapi, diimbau tidak melakukan aktivitas penambangan liar. Termasuk, di wilayah yang berpotensi bahaya dan merusak lingkungan.

        Gubernur Ganjar Pranowo mengingatkan kepada masyarakat yang berprofesi sebagai penambang, untuk tidak merusak lingkungan dengan menambang secara liar. Aktivitas diperbolehkan, asalkan dalam kategori dan cara yang benar.

            Ganjar menjelaskan, wilayah Kecamatan Kemalang di Klaten memang selama ini dikenal sebagai sentra penghasil pasir terbaik. Banyak masyarakat yang mengandalkan hidup, dengan cara menambang dan menjual pasir. 

            Menurutnya, aktivitas menambang dibenarkan jika dilakukan secara baik. Namun, tidak dibenarkan jika kemudian bukit-bukit dikepras dan diambil pasirnya serta menyisakan kubangan-kubangan tanah cukup dalam. Sebab, dampaknya wilayah menjadi gersang dan rusak.

        "Di Klaten ini ada wilayah-wilayah yang memang ada banyak padas, lahan-lahan kritisnya. Kalau mereka yang lahan tidak subur di atasnya bisa diambil katakan nambahnya bener maka di bawahnya subur. Nah ini ditanami semuanya, sekaligus kita meminta pada para penambang jangan liar ya. Ojo ngrusak dalan, ojo ngrusak sumber air. Nah sekarang kita dorong, mumpung sekarang musim hujan. Ayo kita tanam sebanyak-banyaknya," kata Ganjar, baru-baru ini.

        Lebih lanjut Ganjar meminta kepada masyarakat sekitar, untuk bersama-sama mengembalikan kelestarian lingkungan. Yakni, dengan menggalakkan penanaman pohon di sekitar lokasi bekas penambangan.

            "Dengan penanaman pohon kembali, maka lokasi bekas tambang yang tadinya kritis bisa hijau kembali. Sehingga, ketersediaan air juga pasti terjamin," pungkasnya. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar