Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Warga Sudah Sadar Mau Ngungsi

Gubernur Ganjar Pranowo berdialog dengan warga yang 
tinggal di Desa Balerante, Klaten.
    Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan warga di Dukuh Sambungrejo, Desa Balerante Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten yang merupakan desa terdekat dengan puncak Gunung Merapi sudah siap untuk mengungsi jika terjadi erupsi. Warga juga telah melakukan sejumlah simulasi evakuasi, jika Merapi mengalami erupsi dalam waktu dekat.

        Menurutnya, warga sudah mulai tereduksi dan kesadarannya meningkat untuk mau mengungsi jika sewaktu-waktu Merapi erupsi.

            Ganjar menjelaskan, saat ini status Merapi sudah naik menjadi siaga level tiga dan harus menjadi kewaspadaan bagi masyarakat sekitar. Terutama, bagi warga yang tinggal dalam radius lima kilometer dari puncak Merapi.

        Menurutnya, pemerintah sudah berupaya untuk mengarahkan warga mengungsi ke posko-posko yang sudah disediakan jika terjadi erupsi.

        "Dari perangkat desa sudah menyiapkan, dari kepolisian dan TNI juga sudah menyiapkan. BPBD juga sudah siap. Warga ternyata juga luar biasa, sudah punya kebiasaan. Kebiasaan beradaptasi dengan kondisi. Maka kalau 2010 ada pengalaman agak sulit diajak ngungsi, sekarang kesadaran itu sudah muncul," kata Ganjar, kemarin.

            Sementara salah satu warga Dukuh Sambungrejo, Suwono mengaku siap jika diminta mengungsi perangkat desa. Dirinya selama terjadi erupsi Merapi, selalu patuh kepada imbauan pemerintah setempat untuk mengungsi.

        "Persiapannya ini kita sudah siap. Jadi, sewaktu-waktu harus turun, ya kita siap ngungsi. Pokoknya kita siap ngikut pemerintah. Saya sudah berkali-kali merasakan dan mengalami bencana Merapi. Mulai dari kecil sampai setua sekarang," ujar Suwono. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar