Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Iskandar: Ada 40 Berita Hoax Setiap Hari Selama Pandemi

Kombes Pol Iskandar Fitriana
kabid Humas Polda Jateng
        Semarang-Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna mengakui, selama masa pandemi ini terjadi peningkatan berita-berita bohong atau hoax serta ujaran kebencian atau hate speech. Setiap harinya, rerata ditemukan antara 30-40 berita hoax di masa pandemi ini.

        Iskandar menjelaskan, selama pandemi ini bisa dikatakan berita hoax dan hate speech mengalami peningkatan. Materi yang disampaikan juga beragam, dan paling banyak berkaitan dengan pandemi COVID-19.

        Menurutnya, peredaran berita hoax ditemukan melalui media sosial ataupun di aplikasi pesan instan.

        "Pemberitaan ini semakin hari semakin banyak. Tentunya kita juga terus melakukan kegiatan patroli siber, untuk mencari dan melihat dari media-media sosial. Tentunya yang hoax dan hate speech ini cukup banyak. Dan terus terang, kita menemukan rata-rata setiap hari itu hampir kurang lebih 30-40 berita. Boleh dikatakan itu berita hoax atau hate speech," kata Iskandar, kemarin.

            Lebih lanjut Iskandar menjelaskan, tim dari Bid Humas Polda Jateng sudah melakukan pelurusan terhadap berita hoax dengan membuat narasi-narasi yang positif. Termasuk, secara persuasif memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang berita-berita yang beredar.

        "Beberapa temuan berita hoax yang ditindaklanjuti tim dari siber Polda Jateng, juga telah menangkap pelaku pengedarnya. Beberapa di antaranya, juga telah diproses hukum lebih lanjut," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar