Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

70 Ribu Lebih Tes PCR Sudah Dilakukan Dinkes Jateng

Yulianto Prabowo
Kadinkes Jateng

    Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan pihaknya terus mengupayakan untuk menekan penambahan kasus baru COVID-19, dengan menggelar 70 ribu testing tracing. Bahkan, jumlah testing yang mencapai 70 ribu tes itu melampaui target yang ditetapkan WHO.

    Yulianto menjelaskan, WHO menetapkan standar target pemeriksaan testing tracing 1/1.000 penduduk per pekan yang artinya dari seluruh penduduk di provinsi ini harus sudah dilakukan tes 34 ribu orang per pekan. Sedangkan saat ini, pada pekan ke-48 sudah ada 70.053 tes yang dilakukan Dinkes Jateng.

       Menurutnya, dengan kondisi tersebut Jateng sudah melampaui target yang disyaratkan WHO per pekan. Bahkan bila dibanding Jawa Barat dan Jawa Timur, jumlah tes yang dilakukan Jateng lebih tinggi.

    "Kan menurut WHO itu sekitar 10 persen dari populasi itu positif. Tentunya untuk mengetahui yang positif itu, berapa yang sesungguhnya pasti berdasar jumlah tes yang kita lakukan. Semakin banyak tes yang dilakukan, tentunya kita akan mengetahui lebih banyak. Ini yang perlu diketahui masyarakat. Jadi, masyarakat harus paham juga kalau kasus yang ditemukan banyak sebabnya apa. Kalau itu disebabkan karena tesnya banyak, berarti itu sebenarnya hal yang positif," kata Yulianto, kemarin. 

    Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, dengan semakin tinggi Jateng menerapkan testing kepada penduduk akan berpengaruh pada temuan kasus positif COVID-19. Sehingga, bila temuan kasus positif lewat testing tinggi akan semakin mudah menekan penyebaran dan penularan virus Korona. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar