Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

OJK Kawal Pemulihan Ekonomi Jateng

    Semarang-Kepala Kantor Regional III Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Tengah-Yogyakarta Aman Santosa mengatakan pihaknya terus mengawal proses pemulihan ekonomi di masa pandemi, sehingga para pelaku ekonomi yang terdampak bisa kembali bangkit.

    Menurutnya, berbagai macam upaya pemulihan ekonomi dilakukan pemerintah di masa pandemi COVID-19 dan salah satunya adalah restrukturisasi kredit.

    Aman menjelaskan, OJK juga telah mengeluarkan POJK Nomor 11 Tahun 2020 dan POJK Nomor 14 Tahun 2020 yang intinya memberikan relaksasi atas ketentuan pemberian kredit untuk dilonggarkan guna memberi nafas kepada pelaku usaha. Dengan relaksasi yang diberikan itu, diharapkan bisa membuat pelaku usaha tetap bertahan dan bisa melanjutkan usahanya. 

    Saat ini di Jateng, program restrukturisasi kredit sudah mencapai Rp61,1 triliun dengan 1,23 juta debitur. Angka tersebut terbilang cukup besar untuk program relaksasi, yang diterima seluruh pelaku usaha di Indonesia.

    "OJK ikut mengawal berbagai macam program pemulihan ekonomi yang ada di Jawa Tengah. Mulai dari penempatan uang negara di bank Himbara, sampai program restrukturisasi kredit dan program subsidi bunga. OJK sangat aktif untuk mengawal. Dengan upaya yang sangat keras dari OJK dan didukung pemerintah provinsi serta industri jasa keuangan, maka ekonomi Jawa Tengah ini mulai menggeliat. Yang tadinya kontraksi 5,9 persen, di Triwulan III kontraksinya menurun hanya 3,9 persen," kata Aman di sela membuka webinar soal pemulihan ekonomi Jawa Tengah, kemarin.

    Lebih lanjut Aman menjelaskan, saat ini kredit di Jateng juga mulai tumbuh positif kurang lebih tiga persen bila dibanding nasional yang masih tumbuh minus. Sedangkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Jateng juga tumbuh positif, dan bahkan menjadi yang terbesar di antara provinsi lainnya di Indonesia. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar