Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Banyak Sesar Aktif di Jateng Belum Teridentifikasi

    Semarang-Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan selama Januari 2021, tercatat telah terjadi 22 kejadian gempa di Jawa Tengah. Tiga gempa di antaranya berkekuatan sedang, dan bisa dirasakan masyarakat.

    Ajie menjelaskan, dari 22 kejadian gempa yang terjadi di Jateng sepanjang Januari 2021 itu terbesar terjadi di wilayah Banyumas pada 14 Januari kemarin. Kekuatan gempanya sekira 5 Magnitudo.

    Menurutnya, gempa itu diakibatkan pergerakan pada sesar aktif Ajibarang.

    "Banyak sesar aktif di Jawa Tengah yang harus diidentifikasi, sehingga dengan mengetahui lokasi sesar aktif tersebut pemerintah daerah dapat mengambil langkah-langkah antisipasi. Khususnya, dalam pengembangan pembangunan dalam rangka pengurangan risiko bencana," kata Ajie, Rabu (27/1).

    Lebih lanjut Ajie menjelaskan, sebenarnya wilayah Jateng masuk kategori rawan bencana gempa. Dari banyaknya sesar aktif di Jateng, baru ada tujuh yang sudah teridentifikasi. Di antaranya sesar Kendeng, Ungaran dan Muria.

    "Masyarakat tidak perlu khawatir, sebab BMKG sudah memasang Warning Receiver System untuk mendeteksi terjadinya gempa. Total ada 16 lokasi yang sudah dipasang WRS, sehingga bisa memberikan informasi ketika terjadi gempa," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar