Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

KNKT Investigasi Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182

    Semarang-Ketua Sub Komite IK Penerbangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Capt Nurcahyo Utomo mengatakan pihaknya sudah bergerak cepat, untuk mengumpulkan data berkaitan dengan kejadian jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada Sabtu (9/1) siang kemarin. Pengumpulan data-data dilakukan dari berbagai sumber, termasuk mengirim dua orang investigator untuk mengumpulkan data di AirNav Indonesia.

    Menurutnya, KNKT juga menerima tawaran bantuan investigasi dari pihak luar negeri berkaitan dengan upaya mencari tahu penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tujuan Jakarta-Pontianak itu. Namun, KNKT masih berkoordinasi terkait perizinan adanya orang asing masuk wilayah Indonesia. 

    Nurcahyo menjelaskan, tim sudah mendapatkan rekaman berikut transkrip pembicaraan antara pilot pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dengan pengatur lalu lintas udara. Selain itu, tim juga telah mendapatkan data mentah radar pergerakan pesawat untuk dikaji lebih lanjut. 

    "KNKT juga sudah menerima tawaran dari Transportation Safety Investigation Board Singapore, dan mereka akan membantu melakukan pencarian black box. KNKT juga sudah berkoordinasi dengan otoritas Amerika, yaitu NTSB dan sudah ditunjuk acredited representative di investasi kecelakaan pesawat ini. Untuk kedatangan dari pihak-pihak luar negeri, KNKT masih bekerja sama untuk mendapatkan izin sehubungan dengan peraturan pemerintah tentang larangan WNA masuk Indonesia sampai tanggal 14 Januari," kata Nurcahyo lewat siaran pers, kemarin.

    Lebih lanjut Nurcahyo menjelaskan, KNKT juga telah berkoordinasi dengan Basarnas dan instansi lain yang terlibat dalam proses pencarian bangkai pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Pihaknya juga telah meminjam kapal Baruna Jaya IV dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang memiliki peralatan survei dalam air.


Karyawan PLN Ikut Jadi Korban

    Sementara itu, Asisten Manajer Perencanaan Sipil PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Barat bernama Ricko menjadi salah satu korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak. 

    Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN Agung Murdifi mengatakan almarhum sebelumnya bertolak ke Jakarta, untuk menyelesaikan program Sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001 dan Kinerja. Hal itu sesuai dengan tanggung jawabnya sebagai asisten manajer perencanaan sipil.

    Agung menjelaskan, Ricko bergabung dengan PLN sejak 2013. Sejumlah prestasi membanggakan berhasil diraih Ricko, selama bergabung di PLN.

    "Salah satu pegawai atas nama Ricko masuk dalam daftar penumpang pesawat SJ182 yang jatuh. Ricko adalah pegawai yang sangat berdedikasi dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Kami keluarga besar PLN sungguh berduka atas musibah yang menimpa pegawai kami, dan para penumpang serta awak pesawat Sriwijaya Air.  Semoga semua keluarga korban diberi ketabahan dan kekuatan oleh Allah SWT," kata Agung dari keterangan pers, kemarin.

    Diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ-182 jenis Boeing 737-500 tujuan Jakarta-Pontianak jatuh di sekitar Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1) siang. Pesawat komersial itu, sebelumnya hilang kontak di perairan Pulau Lancang di Kepulauan Seribu. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar