Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Vaksin Sinovac Tiba di Semarang

Personel Brimob Polda Jateng berjaga di dekat truk 
pengangkut vaksin Sinovac di Gudang Farmasi milik
Dinas Kesehatan Jateng, Senin (4/1).
        Semarang-Personel Brimob Polda Jawa Tengah dan dibantu Polrestabes Semarang, melakukan penjagaan di Gudang Farmasi milik Dinas Kesehatan Jawa Tengah. Sebab, vaksin sebanyak 62.560 dosis itu sudah tiba di Semarang pada Senin (4/1) dini hari.

    Kapolsek Ngaliyan Kompol Justinus mengatakan puluhan ribu vaksin COVID-19 jenis Sinovac itu, tiba dari Jakarta dengan pengawalan ketat aparat Brimob Mabes Polri yang dilengkapi dua kendaraan mobil lapis baja. Jajarannya, kemudian diberi tugas mengamankan dan menjaga gudang farmasi sebagai obyek vital.

         Menurutnya, keberadaan vaksin COVID-19 itu sangat berharga karena berkaitan dengan keselamatan nyawa manusia.

        Justinus menjelaskan, setiap hari anggota Polsek Ngaliyan dibantu personel Brimob Polda Jateng secara bergantian mengamankan gudang farmasi. 

        "Di dalam satu mobil boks itu ada 32 karton. Total vaksin yang kita terima ada 62.560 dosis," kata Justinus.

        Sementara itu, dalam 1-2 hari ini Dinas Kesehatan Jateng akan segera mendistribusikan vaksin Sinovac ke 35 kabupaten/kota. Proses vaksinasi bagi tenaga kesehatan di Jateng, akan dimulai pada 14 Januari 2021 mendatang.

        Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo mengatakan saat ini puluhan ribu vaksin Sinovac itu, disimpan dengan suhu antara 2-8 derajat Celcius sebelum didistribusikan ke 35 kabupaten/kota di Jateng.

            Menurutnya, sebelum dibagikan ke kabupaten/kota diperlukan adanya rantai dingin (cold chain) untuk menjaga mutu dari vaksin.

Gubernur Ganjar Pranowo berdialog dengan seorang penjaga 
di Gudang Farmasi milik Dinas Kesehatan Jateng, Senin 
(4/1).
        "Ini secara administrasi kita tata dulu, dan lalu kita siapkan rencana distribusi. Segera dalam 1-2 hari ini kita distribusi ke kabupaten/kota. Jadi, diperlukan rantai dingin dan kita sudah siapkan semuanya. Kita harus jamin mutu dari rantai dingin itu. Ini suhunya antara 2-8 derajat Celcius," kata Yulianto, Senin (4/1).

       Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, pihaknya sudah meminta kabupaten/kota untuk siap menampung vaksin COVID-19 sesuai aturan. Untuk saat ini, Kota Semarang dan Surakarta serta Kabupaten Banyumas, menerima distribusi vaksin cukup banyak di atas 10 ribu dosis.

        "Tanggal 14 Januari kita sudah siap. Jadi, yang tahap pertama untuk tenaga kesehatan dan penunjang di seluruh faskes. Baru tahap kedua untuk pelayan medis di antaranya TNI/Polri, Satpol PP dan petugas bandara serta pelabuhan. Sedangkan tahap ketiga adalah masyarakat rentan, dan terakhir bagi masyarakat umum dan pelaku ekonomi lainnya," ujar Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar