Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Kita Akan Siapkan Program Journalist Exchange

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
    Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menyusun program Journalist Exchange, guna meningkatkan kompetensi dan kualitas para wartawan. Pernyataan itu dikatakannya di sela pembukaan UKW 2021 di Hotel Novotel Semarang, Jumat (26/2).

    Menurutnya, program Journalist Exchange diharapkan bisa terwujud setelah penanganan pandemi COVID-19 selesai.

    Ganjar menjelaskan, peningkatan kompetensi atau kualitas bagi jurnalis sangat dibutuhkan untuk menyajikan berita berimbang kepada masyarakat. Sebab, kompetensi harus terus diasah untuk mengikut perkembangan zaman yang terus berubah.

    "Kita coba ada ujian semacam ini dan ada pelatihan sampai exchange.kalau bisa bertukar dan kita melihat pengalaman beberapa negara, harapan saya makin banyak orang melihat langsung apa yang terjadi dalam perubahan-perubahan. Ya bisnis medianya, ya jurnalistiknya," kata Ganjar 

    Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pemprov pada 2019 kemarin pernah mengirimkan sejumlah wartawan untuk mengikuti pelatihan di Singapura. Kegiatan itu bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi wartawan di Jateng tentang dunia jurnalistik di luar negeri.

    "Program Journalist Exchange bukan kepentingan dari pemprov semata, tetapi komitmen dari Pemprov Jateng untuk membantu wartawan semakin profesional dan berkualitas. Dengan program Journalist Exchange ini, para wartawan tidak ketinggalan informasi dan juga mengembangkan kompetensinya untuk mengikuti setiap perkembangan yang terjadi," jelasnya.

    Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng Amir Machmud menyambut baik usulan program yang akan disusun Pemprov Jateng. 

    "Ya harus terus, pokoknya kita rutin dan akan terus dilakukan. Dan ini menjadi program primadona. Media-media memang harus kita dorong karena ini jawaban yang memang nyata untuk meningkatkan kompetensi kawan-kawan," ujar Amir.

    Diketahui, PWI Jateng kembali menggelar UKW bagi wartawan muda dan utama. Tercatat ada 21 peserta mengikuti UKW 2021, terdiri dari 15 peserta wartawan muda dan enam wartawan utama. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar